Follow Us

Stevie "Deadsquad": Festivalnya Harus Sepadan dengan Kebesaran Komunitasnya

- Minggu, 07 April 2013 | 07:31
Stevie Deadsquad Festivalnya Harus Sepadan dengan Kebesaran Komunitasnya
Hai Online

Stevie Deadsquad Festivalnya Harus Sepadan dengan Kebesaran Komunitasnya

Perkembanga festival musik ekstrim di Indonesia sudah sangat pesat. Telah hadir Bandung Berisik dengan pride band lokalnya, Hammersonic dengan lineup band asing yang luar biasa, dan baru-baru ini hadir Obscene Extreme sebagai festival waralaba internasional. Ketiga festival itu disebut-sebut sebagai festival besar untuk pelaku dan penikmat musik ekstrim di Indonesia sehingga mengundang rasa penasaran band-band asing tentang skena musik ekstrim Indonesia.

Stevie Item, gitaris Deadsquad sekaligus konseptor dari festival musik metal terbesar di Jakarta, Hammersonic nggak pernah ragu untuk mengatakan bahwa skena musik ekstrim Indonesia sudah pantas menjadi bagian dari kebesaran nama musik ekstrim dunia.

"Sudah saatnya negeri ini punya festival berkaliber besar, karena musik metal di Indonesia peminatnya cukup banyak, bahkan jika kita bandingkan dengan seluruh negara di Asia saya yakin Indonesia masih terbesar dalam jumlah komunitas untuk genre musik ini," kata Steve.

Namun, dibalik nama besar festival itu sedndiri banyak hal-hal yang harus dibenahi agar bisa sepadan dengan kebesaran nama komunitasnya. Namun Stevie tetap optimis skena musik ekstrim tanah air bisa berkembang lebih dari sekarang.

"Beberapa band asing kecewa sama acara festival band yang mengundangnya, tapi mereka (band-band) masih saja berbondong-bondong datang untuk show di Indonesia. Artinya nggak semua track recordnya jelek. Ya, ini PR nya, promotor sama EO harus upgrade," Ujar kakak penyanyi, Audi.

Ia menambahkan, "secara keseluruhan dalam hal penyelenggaraan festival mungkin Indonesia masih harus banyak belajar dari Jepang, Cuma secara komunitas saya yakin jika dibandingkan dengan Indonesiac, di jepang nggak ada apa-apanya."

Editor : Hai Online

Latest