Follow Us

STOP NGOMONGIN ORANG di BULAN PUASA

Rian Sidik (old) - Jumat, 05 Agustus 2011 | 15:09
STOP NGOMONGIN ORANG di BULAN PUASA
Rian Sidik (old)

STOP NGOMONGIN ORANG di BULAN PUASA

Nih dia godaan yang paling sering hinggap di diri orang yang lagi puasa. Nggak cewek, nggak cowok, suka ngomongin kekurangan orang lain di belakang yang bersangkutan, alias ngegosip. Padahal mungkin tuh orang cuma bikin kesalahan kecil. Atau mungkin malah nggak bikin salah sama sekali, tapi tetap aja diomongin.

Biar kamu nggak terjerumus jadi bigos, mendingan jauh-jauh dari geng bigos. Soalnya meskipun kamu termasuk orang yang jarang ngegosip, kalo udah ngumpul samamereka, nggak dijamin nggak bakal ketularan. Inget-inget, pengaruh lingkungan tuh besar Iho buat mengubah tingkah laku seseorang. Kalopun terpaksa ngumpul sama mereka, ya banyak-banyak aware deh. Hati-hati kalo mau ikutan nimbrung ngomong sesuatu.

Pikirin dulu bener-bener apa yang mau diomongin. Soalnya kalo ngomong asal, meskipun nggak bermaksud jahat ke orang lain, bisa jadi omongan kamu ditafsirin lain.Kan persepsi orang beda-beda. Supaya bisa aware, setiap mulut mulai gatel pengen ngomongin orang lain, mendingan omongan yang belum keluar itu dibalikin dulu ke diri sendiri. Kalo mau nyela kejelekan orang lain, liat dulu ke diri sendiri.

Kamu sendiri gimana, sama nggak? Kalo ternyata nggak, coba bayangin diri kamu dalam posisi dia. Enak nggak sih rasanya kalo diomongin begitu?Tapi biasanya meski udah direm-rem, kadang-kadang lidah suka kepeleset juga tuh. Karena itu, perlu ngebiasain diri untuk nggak ngomong asal di saat puasa. Selainmenghemat energi, kan bisa ngurang-gurangin dosa juga. Ya nggak? Nah, tuh dia tip-tipnya. Mudah-mudahan bisa dicoba dan lumayan ngasih banyakmanfaat

Editor : Rian Sidik (old)

Latest