Follow Us

NGULIK DALEMAM TEH

Rian Sidik (old) - Kamis, 18 Agustus 2011 | 06:49
NGULIK DALEMAM TEH
Rian Sidik (old)

NGULIK DALEMAM TEH

Percaya? Coba sekali-sekali inspeksi ke tukang jualan air minum di pinggir jalan. Tanya minuman apa yang paling laku, jawabnya pasti teh dalam kemasan botol. Masih kurang yakin? Sekarang itung aja sendiri, dalam sehari berapa kali elo bolak-balik ke tukang jual minuman buat beli teh dalam kemasan botol. Kalo masih kurang kerjaan, sekalian juga itungin berapa botol teh dalam kemasan botol yang dibeli sama temen-temen lo pas nongkrong di kantin sekolah. Banyak kan...?

Itu semua bukti kalo minuman yang berasal dari daun ini "digilai" banyak orang. Sekali diminum bikin kepengen lagi...'kepengen lagi... kepengen lagi! Aneh bin ajaib sebenernya kalo dipikir-pikir. Masalahnya minuman satu ini bukan tergolong minuman memabokkan yang emang biasanya berefek bikin ketagihan.Jadi penasaran! Ada apa sebenernya di dalem teh? "Di dalem teh? Banyak! Ada zat yang namanya tanin, caffeine, flour, kalium.... Trus juga ada asam kaseat dan minyak atsiri. Nah, yang bikin kita jadi doyan banget minum teh ya zat tanin dan caffeine-nya. Dua zat ini nih kalo masuk ke dalam tubuh ngasih efek menyegarkan," samber Dra. Azizah Nuraini, Apt, MM.. Waduh! Caffeine? Kalo gitu teh bahaya dong? "Oh, nggak. Caffeine dalam teh jumlahnya relatif kecil kok, cuma sekitar 2,9 sampe 4,2 persen. Caffeineyang kemungkinan bisa bikin addict itu kalo jumlahnya lebih dari 10 persen. Tapi memang sih, walau jumlahnya kecil, caffeine dalam teh tetap bisa ngasih efeksamping seperti mual, perut kembung, dan lain-lain. Semua itu karena caffeine mengiritasi lambung," jelas Ibu Kepala Pusat Informasi Obat & Makanan Badan POM RI ini. Selain soal iritasi lambung yang Bu Nur bilang tadi, jack, ada lagi efek minum teh lainnya yang lebih "menyiksa". Bikin sembelit!Tapi yang ini biang keroknya bukan caffeine, melainkan zat tanin. Zat ini tuh kalo udah masuk ke usus kerjaannya menyerap semua pernak-pernik disepanjang usus dan sekitarnya. Dari sari-sari makanan sampe gas-gas yang nggak penting.

Begitu semuanya udah "dia" serap, langsung deh dikompilasiin hingga akhirnya jadi berbentuk tinja yang kerasnya minta ampun! "Makanya, kalo nggak mau kebablasankena efek samping dari teh, minum tehnya dikira-kira. Yaah... sehari lima cangkir cukup lah. Cuma jangan parno juga sama teh. Karena sebetulnya teh itu menyehatkan badan Iho. Asam kaseat dalam teh kan zat anti oksidan yang bisa ngebunuh semua bibit penyakit dalam tubuh. Dari bibit penyakit yang ringan sampe bibit penyakit berat kayak kanker," inget Bu Nur. Okedeh Buuuu.... (*)

Editor : Rian Sidik (old)

Latest