Follow Us

Bangkitnya SMK di Era Informatika

Rian Sidik (old) - Jumat, 07 Desember 2012 | 08:04
Bangkitnya SMK di Era Informatika
Rian Sidik (old)

Bangkitnya SMK di Era Informatika

Kali ini, Djarum Foundation bekerja sama dengan Cisco System Indonesia untuk membuat Cisco Networking Academy (6/12). Ini adalah program untuk membuat siswa-siswa SMK Muhammadiyah jurusan Teknik Komputer Jaringan Kudus, untuk menjadi siswa yang terampil dan siap kerja.

"Program ini memang memiliki tujuan yaitu mencetak siswa-siswi yang siap kerja dan memiliki kompetensi, nantinya setelah lulus, akan diikutkan training oleh Cisco sendiri, dan bekerja di vendor-vendor dari Cisco," ujar Primadi, selaku Program Director Djarum Foundation.

Kerjasama yang dilakukan Djarum Foundation dengan Cisco lebih difokuskan di bidang teknik informatika, Tujuannya adalah, agar siswa sekolah kejuruan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Dalam acara peresmian ini, Cisco membuat laboratorium, yang fokus terhadap keterampilan jaringan. Kurikulum yang diterapkan juga berasal dari Cisco. Ini berarti kurikulum tersebut berlaku di Cisco Network Academy yang ada di seluruh dunia.

"Jadi, program Cisco Network Academy ini merupakan salah satu program Customer Sosial Responsibility (CSR) d Cisco untuk melakukan pendidikan kepada sekolah lewat teknologi yang dimiliki oleh Cisco itu sendiri," ungkap Catarhina Hadiningtyas, Enterprise Sales Director Cisco System Indonesia.

Salah satu siswa mengaku, bahwa ia sangat senang ketika sekolahnya mendapat bantuan fasilitas yang diberikan oleh Djarum Foundation dan Cisco System Indonesia untuk menunjang pendidikannya. "Sekarang untuk menambah ilmu tentang dunia IT dimudahkan jalannya, yang tadinya hanya mempunyai dua laboratorium, kini ditambah menjadi tiga, makin lengkap deh, dari mulai hardware, software, dan kali ini networking," tukas Afrizah, siswa SMK Muhammadiyah jurusan Teknik Komputer Jaringan.

Wah, bakal makin giat kejar cita-cita, nih!

Editor : Rian Sidik (old)

Latest