Follow Us

Gunduli Italia, Spanyol Juara Piala Eropa 2012

Rian Sidik (old) - Minggu, 01 Juli 2012 | 21:19
Gunduli Italia Spanyol Juara Piala Eropa 2012
Rian Sidik (old)

Gunduli Italia Spanyol Juara Piala Eropa 2012

Fantastis. Satu kata yang dapat diungkapkan untuk mendeskripsikan partai final Piala Eropa 2012 yang berlangsung di Stadion Olimpiade, Kiev, Senin (2/7). Timnas Spanyol yang dinakodai Vicente Del Bosque berhasil menjadi juara untuk ketiga kalinya setelah menghancurkan Gli Azzurri Italia dengan skor sangat telak 4-0. David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres dan Juan Mata menjadi aktor-aktor yang menyumbangkan masing-masing satu gol kemenangan Spanyol ke gawang Gianluigi Buffon.

Bermain dengan skuad penuh, Spanyol kembali menerapkan skema 'False Nine' yang selama ini dianggap membosankan. Pergerakan Fabregas yang menjadi 'striker gelap' mampu mengecoh pertahanan Italia yang digalang Andrea Barzagli dan Leonardo Bonnuci. Hasilnya pun cepat diraih di menit ke-14. Sebuah crossing tajam dari Fabregas yang berlari masuk ke dalam kotak penalti dari sektor kanan mampu disambut oleh tandukan David Silva. 1-0.

Walau hanya mengandalkan serangan balik, peluang yang didapatkan pasukan Vicente Del Bosque tersebut justru lebih efektif. Di menit ke-41, giliran Jordi Alba yang menceploskan bola ke gawang Buffon. Sodoran dari Xavi Hernadez mampu diteruskan dengan baik oleh bek kiri terbaru milik Barcelona tersebut. 2-0. Skor bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, berupaya meningkatkan serangan dengan memasukkan Antonio Di Natale menggantikan Cassano. Hasilnya pun terlihat di menit awal pertandingan. Salah satu yang terbaik dimiliki oleh pemain Udinese tersebut di menit ke-51 saat tendangannya masih dapat di selamatkan Casillas. Cederanya Thiago Motta di menit ke-62 membuat Italia harus bermain dengan 10 orang karena sudah memakai semua jatah pergantian pemain.

Alhasil, pertahanan Italia pun turut terbuka. Masukknya Fernando Torres di menit ke-75 benar-benar membuat daya dobrak Spanyol semakin hebat. Buktinya datang di menit ke-84 saat Torres berhasil menaklukan Gianluigi Buffon. 3-0. Ini juga merupakan gol Torres ketiga pada Piala Eropa ini dan kedua dalam dua final terakhir Piala Eropa setelah dia melakukan yang sama di tahun 2008.

Juan Manuel Mata pun menutup pertandingan dengan sebuah gol di menit ke-88 saat pemain Chelsea tersebut mendapatkan umpan manis dari Torres. 4-0. Dengan hasil ini, Spanyol berhasil menjadi juara untuk ketiga kalinya dan ini merupakan sebuah rekor baru dimana sebuah tim mampu menjuarai Piala Eropa dua kali dan Piala Dunia sekali secara beruntun.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest