Follow Us

Sikat Korsel, Indonesia U-19 ke Putaran Final Piala Asia 2014

Rian Sidik (old) - Sabtu, 12 Oktober 2013 | 15:16
Sikat Korsel Indonesia U 19 ke Putaran Final Piala Asia 2014
Rian Sidik (old)

Sikat Korsel Indonesia U 19 ke Putaran Final Piala Asia 2014

Tren positif berhasil dijaga Timnas Indonesia U-19. Melakoni laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-19 2014, Evan Dimas dan kawan-kawan sukses menundukkan tim kuat, Korea Selatan 3-2 di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (12/10).

Dalam laga kali ini, pelatih Indra Sjafri kembali menurunkan Maldini yang disimpan dalam laga kontra Filipina. Sementara Korea Selatan yang dilatih oleh Kim Sang Ho tetap menurunkan skuat terbaiknya termasuk trio penyerang, Lee Gwanghyeok, Kim Shin dan Shim Jehyeok.

Babak pertama, Indonesia berada di bawa tekanan Korea Selatan. Salah satunya adalah lewat tendangan Lee Gwangheok masih dapat disapu bek Indonesia, Putu Gede Juni Antara di menit ke-15.

Garuda Muda baru bisa menekan pertahanan Korea selepas menit ke-25. Tendangan Zulfiandi usai menerima bola liar di depan kotak penalti masih menyamping di sisi kiri gawang Pak Mingyu.

Indonesia berhasil memecah kebuntuan di menit ke-30. Umpan tarik Ilham Udin Armaiyn berhasil diselesaikan dengan baik oleh Namun semenit berselang Korser berhasil menyamakan kedudukan. Eksekusi penalti Seol Taesu gagal diselamatkan oleh penjaga gawang Indonesia, Ravi Murdianto.

Kondisi lapangan yang sangat parah membuat wasit yang memimpin pertandingan, Mohd Amirul Izwan Bin Yaacob menghentikan laga di menit ke-41. Setelah sempat ditunda sekitar 30 menit, laga yang tersisa empat menit kembali digulirkan.

Di satu menit sebelum berakhir, Indonesia memiliki peluang emas untuk unggul sayang tendangan Muhammad Hargianto masih membentur tiang gawang Korsea. Hingga peluit akhir babak pertama dibunyikan, skor masih sama kuat 1-1.

Babak kedua digulirkan, Indonesia memulainya dengan cukup baik. Bahkan, pasukan Indra Sjafri tersebut mampu unggul kembali di menit ke-48 lewat sontekan keras Evan Dimas dari luar kotak penalti. 2-1.

Pertandingan semakin dikuasai oleh Indonesia. Di menit 61, sontekan keras dari Ilham Udin mengancam kembali gawang Korea Selatan meski masih dapat diblok.

Bahkan di menit 52, Garuda Muda memiliki peluang emas untuk menambah keunggulan. Hanya saja, tendangan Muchlis Hadi masih melambung di atas gawang Korsel.

Usai ketinggalan, Korea Selatan bermain semakin menekan. Lewat sebuah gebrakan di menit 72, Kim Shin nyaris membobol gawang Ravi Murdianto, sayang laju bola masih melebar.

Korea Selatan kembali mendapatkan peluang di menit ke-82. Tendangan bebas yang dieksekusi Seol Taesu hanya membentur mistar gawang Indonesia.

Dan di menit ke-84, Evan Dimas melengkapi penampilan apiknya dengan sebuah hattrick. Menerima umpan dari sisi kiri, pemain Persebaya tersebut melepaskan satu tendangan manisnya yang gagal dimentahkan oleh Pak Mingyu. 3-1.

Korsel sempat memperkecil ketertinggalan mereka di menit ke-88. Memanfaatkan sebuah tendangan bebas tidak langsung, pemain pengganti, Sih Myeongwon akhirnya menaklukkan Ravi Murdianto. 2-3

Hingga peluit akhir pertandingan, skor 3-2 untuk Indonesia bertahan. Dengan hasil ini, Indonesia berhasil melaju ke putaran final Piala Asia 2014 yang akan digelar di Myanmar dengan status juara grup G.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest