Follow Us

Berkendara Aman Saat Melibas Hujan

- Selasa, 18 Februari 2014 | 10:32
Berkendara Aman Saat Melibas Hujan
Hai Online

Berkendara Aman Saat Melibas Hujan

Setelah sebelumnya kita membahas persiapan berkendara buat para bikers di kala musim hujan, sekarang kita akan membahas tips aman saat berkendara.

Menurut Jusri Palubuhu, Training Director Jakarta Defense Driving Consultant (JDCC), kita sebagai para bikers harus memerhatikan persiapan sebelum berangkat, saat di perjalanan, sampai setelah perjalanan.

"Sebagai bikers, kita harus menanamkan sikap antisipasi. Kita harus selalu berhati-hati, nggak cuma berhati-hati terhadap lubang, tapi juga yang dari atas. Misalnya baliho atau pohon-pohon besar di pinggir jalan," papar Jusri.

Jusri menambahkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita hendak menerjang hujan deras. Terkesan sepele memang, tapi jangan disepelekan. Bahaya!

"Saat hujan, kita harus perhatikan titik pengereman. Titik pengereman itu arus dilakukan lebih awal. Berbeda dengan kondisi normal (jalanan kering, RED). Intinya, jangan ngerem mendadak, soalnya traksi roda berkurang, itu bisa bikin kita tergelincir," papar Jusri.

Lebih lanjut, ia juga menambahkan bahwa kita juga harus memperhatikan genangan air yang ada di jalan. Bisa jadi itu merupakan lubang yang tergenang air. Efeknya bahaya. Kita bisa saja terjatuh saat menghantam lubang tersebut.

"Nah, kalau misalnya jalanan yang hendak kita lewati banjir, jangan asal terobos. Boleh menerobos genangan air, asal, ketinggian air masih di bawah knalpot motor. Bahaya kalau kita maksa untuk menerobos. Bakal ada water hammer, yang berimbas pada rusaknya mesin," tambah Jusri.

Editor : Hai

Latest