Follow Us

The Five-Year Engagement, Akibat Terlalu Lama Menunda Pernikahan

Rian Sidik (old) - Minggu, 28 Juli 2013 | 17:02
The Five Year Engagement Akibat Terlalu Lama Menunda Pernikahan
Rian Sidik (old)

The Five Year Engagement Akibat Terlalu Lama Menunda Pernikahan

Jason Segel, aktor asal Amerika yang terkenal karena perannya sebagai Marshall dalam serial TV How I Met Your Mother, memang seorang aktor yang bertalenta. Dalam dunia perfilman, ia tidak hanya jago memainkan peran, tetapi juga aktif sebagai penulis naskah, sutradara dan produser.

Ia telah terlibat dalam beberapa produksi film, seperti Forgetting Sarah Marshall, The Muppets, serta menjadi pengisi suara tokoh Vector dalam seri pertama Despicable Me, saingan Gru dalam usaha pencurian bulan.

Setelah berperan sebagai pria patah hati yang susah untuk move on dari mantan kekasihnya dalam film Forgetting Sarah Marshall pada 2008 lalu, Segel berubah menjadi seorang pria yang memiliki keyakinan besar untuk menikahi perempuan yang telah dipacarinya sejak tahun lalu dalam film The Five-Year Engagement, film romantis komedi yang digarap sebagai ajang reuni antara Nicholas Stoller dan Segel.

Dalam film yang dirilis pada april 2012 ini, Segel berperan sebagai Tom Solomon yang berprofesi sebagai koki hebat. Ia memiliki kekasih bernama Violet (Emily Blunt), yang telah dipacarinya sejak tahun baru tahun lalu, dalam sebuah pesta tahun baru. Di pesta tersebut pulalah mereka pertama kali bertemu, dan pada pesta tahun baru saat ini Tom melamar Violet.

Mereka segera mengadakan acara pertunangan yang dihadiri keluarga dan kerabat dekat. Tidak ada yang aneh dengan keluarga Tom, tetapi banyak masalah terjadi pada keluarga Violet. Orang tuanya telah bercerai dan perceraian ini membuat Suzie, adik Violet, menjadi tidak percaya pada pernikahan. Tetapi di acara pertunangan ini ia justru berkenalan dengan Alex, sahabat Tom yang juga seorang koki. Dan karena kehamilan yang tidak direncanakan, Suzie dan Alex pun menikah mendahului Tom dan Violet.

Violet, yang mendambakan upacara pernikahan yang mewah dan indah terpaksa harus menunda pernikahannya karena sulitnya mencari tempat pernikahan yang bisa disewa pada akhir pekan.

Ditambah lagi, keinginannya untuk melanjutkan pendidikan doktoralnya dalam bidang psikologi membuatnya harus pindah dari kota hangat San Fransisco ke Michigan yang selalu membeku. Demi kesetiaannya pada Violet, Tom pun rela melepas karir hebatnya di San Fransisco untuk bekerja sebagai pembuat sandwich di Michigan.

Pesatnya kemajuan Violet dalam pendidikannya membuat pernikahan mereka harus kembali mengalami penundaan, sesuai judulnya, selama lima tahun. Penundaan ini ternyata membuat jarak di antara mereka semakin jauh. Ditambah lagi rasa kekecewaan Tom pada karirnya, suasana hidupnya, dan perselingkuhan Violet dengan mentornya, membuat penundaan tersebut berakhir dengan kegagalan pernikahan.

Secara keseluruhan, film ini memberikan suatu tema yang menarik, terutama bagi pasangan yang sudah merencanakan pernikahan. Film ini memberi pelajaran bahwa jika memang sudah serius, untuk apa menunda-nunda. Atau mungkin justru sebaliknya, tidak perlu terburu-buru menikah sebelum benar-benar mengenal si calon pasangan.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest