Follow Us

Sedia Ini Sebelum Mogok

- Selasa, 12 November 2013 | 06:52
Sedia Ini Sebelum Mogok
Hai Online

Sedia Ini Sebelum Mogok

Pepatah sedia payung sebelum hujan kayaknya yang paling pas buat kita sebagai rider. Pasalnya, segala kemungkinan akan menimpa kita di jalan. Baik atau buruk, semua pasti akan dirasakan. Motor mogok salah satunya.

Ibarat mengadakan satu ritual tertentu, kita nggak boleh sampai kelewatan beberapa barang berikut ini. Kecil memang, tapi manfaatnya jauh lebih besar di saat kita dalam keadaan darurat. Lantas, apa saja, sih, barang-barangnya? Nih!

"Jangan lupakan obeng dengan dua mata (plus dan minus), kunci pas ukuran 11, 12, dan 14 (kunci pas dan kunci ring). Tujuannya untuk bongkar-bongkar bodi, karburator, atau filter kalau suatu saat motor kita mogok di tengah jalan," ujar Akay, mekanik dari Malino Motor.

Nggak cuma itu, Akay menambahkan kalau beberapa benda kecil lainnya juga penting. Seperti busi, kunci busi, dan juga amplas. Menurutnya, benda-benda itu akan jadi benda yang sangat berharga kalau motor kita mogok mendadak dan disebabkan oleh faktor pengapian.

"Biasanya, kan, busi juga sering jadi masalah penting, tuh. Jangan disepelekan. Kita juga harus sedia minimal satu busi yang masih berfungsi dengan baik dan juga kepala businya. Jadi kalau suatu saat motor kita mogok karena masalah pengapian, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan," tambahnya menegaskan.

Editor : Hai

Latest