Follow Us

Kaki Lo Bau? Ini Penyebabnya

Gitarama - Selasa, 26 November 2013 | 11:58
Kaki Lo Bau Ini Penyebabnya
Gitarama

Kaki Lo Bau Ini Penyebabnya

Hai HAI. Gw mo nanya dong, apa sih yg bikin kaki kita bau? Perasaan gw rajin mandi ama cuci kaki deh. Tp knp ya, kaki gw ttp bau? Kasi tau dong cara ngilanginnya. Kan malu juga kalo pas nongkrong bau-bau gitu. Thanks bgt ya bro.

Permana "Acit" - via email

Jawaban dr. Khairul Anwar:

Bau pada kaki disebabkan terjadinya proses pembusukan oleh bakteri atau jamur pada kaki kita. Proses ini biasanya berlangsung di sela-sela jari, pinggir kuku, serta di telapak kaki. Pada orang yang keringat kakinya berlebih, bau kaki akan menjadi lebih mudah terjadi, hal ini disebabkan kecenderungan kaki yang lebih cepat lembap.

Hal lain yang juga dapat menimbulkan bau kaki adanya luka atau infeksi pada kaki. Apabila luka yang diderita tidak segera diobati, maka akan menimbulkan infeksi. Bila masalah bau kaki ini masih terjadi, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut. Masalah lain yang dapat menjadi penyebab bau kaki adalah saat alas kaki terendam dan menyerap air kotor. Akan lebih baik, jika alas kaki langsung dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu.

Alas kaki juga memegang peranan pada bau di kaki kita. Sandal,sepatu atau kaus kaki yg terbuat dari bahan yg lembap menyebabkan kaki cepat berkeringat. Apalagi saat si pemakai memang memiliki kaki yang mudah lembap. Maka bau pada kaki akan sulit terhindarkan.

Editor : Gitarama

Baca Lainnya

Latest