Follow Us

Tips: Aman Sebelum Berkendara Dengan Moge

Rian Sidik (old) - Jumat, 26 April 2013 | 03:15
Tips Aman Sebelum Berkendara Dengan Moge
Rian Sidik (old)

Tips Aman Sebelum Berkendara Dengan Moge

Perlengkapan Standar Keselamatan

Yang satu ini sudah merupakan syarat wajib berkendara, begitu juga untuk mengendarai moge. Tapi untuk mengendarai moge, mungkin aturan dasar berkendara ini lebih ketat, karena lebih berresiko ketimbang motor biasa.

"Jangan sekali-kali pakai sepatu cats buat ngendarain motor besar, itu sangat berbahaya. Pastikan kita menggunakan perlengkapan standar keselamatan khusus motor besar. Kalau saja ada yang melanggar atau tidak tertib dalam berkendara, mereka adalah oknum dan bukan bagian dari kita," Aku Ardi, MarComm dari Mabua Harley Davidson.

Melakukan Peregangan

Sebelum mengendarai moge, sudah seharusnya kita melakukan peregangan, terutama di bagian kaki, pinggang, jari tangan, pergelangan tangan dan bahu. Karena bagian ini lah yang paling sering beraktifitas saat sedang berkendara.

Peregangan wajib dilakukan meski hanya berkendara di dalam kota atau tidak sedang melakukan touring. Pasalnya, saat mengendarai moge kita harus dalam keadaan fit dan dalam keadaan konsentrasi penuh. Salah sedikit akan fatal akibatnya.

Posisi Naik

Hal ini memang sepele, tapi jangan pernah sekalipun dianggap remeh. Soalnya, untuk naik moge khususnya Harley Davidson, ada tahapan penting yang harus kita lakukan, untuk keamanan dan menghindari motor seharga ratusan juta ini mengalami kerusakan akibat kelalain pengendara.

Posisi awal sebelum naik moge yang aman adalah di sebelah kanan atau melawan posisi rebah motor saat dalam keadaan di standar. Kemudian naikkan kaki kiri ke atas jok motor, setelah itu turunkan kaki hingga kaki kiri menyentuh lantai.

Memberdirikan Moge

Nggak gampang mendirikan motor dengan berat 400Kg berbeda dengan memberdirikan motor biasa, selain harus punya tenaga yang cukup, ada trik aman untuk memberdirikan moge.

Yaitu dengan meluruskan stang keposisi normal, kemudian baru di dorong kearah yang berlawananan. Dengan cara ini akan mengurangi sedikit beban motor yang sepenuhnya ada di bagian tumpuan standar atau ke sebelah kiri, setelah itu pastikan standar motor sudah dinaikkan.

Posisi Duduk

Pertamakali menunggangi moge, kita harus beradaptasi dengan si motor gede ini. Pasalnya, kita akan menemukan banyak tombol dan panel navigasi di dashboard. Selain itu, pastikan posisi duduk kita dalam kondisi nyaman, kedua kaki benar-benar menyentuh lantai dan tangan sedikit menekuk saat memegang stang.

"Sudah sebaiknya kita beradaptasi dengan motor dan mengenal motor yang akan kita tunggangi. Soalnya, beda motor beda pula fitur dan kondisi berkendaranya,"ungkap Ardi, sambil menunggangi Harley Davidson FHLX Street Glide.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest