Follow Us

Glossophobia, Ketakutan Bicara di Depan Umum

Ega Hai - Selasa, 16 April 2013 | 09:00
Glossophobia Ketakutan Bicara di Depan Umum
Ega Hai

Glossophobia Ketakutan Bicara di Depan Umum

Kamu sering merasa gugup saat akan bicara atau berinteraksi di depan umum? Tenang, jangan merasa minder dulu, karena hal itu wajar banget "menyerang" siapa saja. Kebanyakan orang memiliki ketakutan tersendiri jika harus berbicara di depan orang banyak. Bahkan beberapa artis pernah menyatakan kalau mereka selalu gugup saat akan berbicara di depan umum.

Istilah untuk ketakutan berbicara di depan umum ini adalah glossophobia. Uniknya, phobia ini hanya sebatas berbicara, baik di depan umum maupun di depan orang baru. Beberapa orang justru lebih berani untuk menyanyi atau menari di depan umum karena nggak mengharuskan mereka bicara.

Tapi tenang saja, glossophobia ini bisa disembuhkan atau minimal dikurangin. Cara paling mudahnya adalah dengan mempersiapkan mental serta materi yang akan kamu bawakan di depan umum tersebut. Dengan latihan yang rutin dan penguasaan materi, minimal kamu udah agak terbiasa dan mengurangi rasa gugup tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan cognitive-behavioral therapy. Dengan mengikuti terapi ini, phobia berbicara di depan umum bisa diatasi.

Namun, prosesnya nggak bisa semalem-dua malem doang, bro!

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

Latest