Follow Us

Seperti Ini Figur Presiden Ideal Menurut Anak Muda Indonesia | Yang muda yang memilih

Alvin Bahar - Selasa, 12 April 2022 | 18:05
Demo mahasiswa di Palembang.
Sonora.ID/Jati Sasongko

Demo mahasiswa di Palembang.

HAI-ONLINE.COM - Menuju tahun 2024, kita dibutuhkan banget nih. Maklum, suara pemilih pemula kayak kita banyak banget buat pemilu nanti, jadinya sangat berharga.

Menyambut tahun politik, Marketing Research & Analytics Team, dan Litbang Kompas bikin survei soal "Aspirasi Generasi Muda".

Tujuan survei ini adalah mengetahui aktivitas yang menarik perhatian generasi muda di 80 dapil yang tersebar di seluruh Indonesia, mengetahui gambaran umum kesulitan hidup dan kekhawatiran di masa depan yang dirasakan generasi muda yang tinggal di 80 dapil yang tersebar di seluruh Indonesia, serta mengetahui gambaran ideal figur pemimpin daerah maupun nasional di benak generasi muda yang tinggal di 80 dapil yang tersebar di seluruh Indonesia.

Survey menggunakan telepon dimana sampel dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan secara acak sederhana dari responden panel Litbang Kompas untuk setiap dapil di Indonesia.

Proses pembobotan pada dapil, usia, dan gender dilakukan agar karakteristik sampel menyerupai populasi penduduk Indonesia.

Menggunakan metode ini, pada tingkat kepercyaan 95%, margin of error penelitian ±1.79%% dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Meskipun demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

Baca Juga: Nggak Cuma Mahasiswa, Emak-Emak Juga Ikut Demo

Pengambilan sampel pada 5 Januari – 9 Februari 2022, dengan total 3224 responden berusia 17- 40 tahun yang tersebar di 80 dapil.

Salah satu yang menarik dari survei ini adalah di pertanyaan "Menurutmu, figur presiden seperti apa yang paling tepat untuk memimpin wilayah tempat tinggal kamu saat ini?"

Ketika ditanyakan figure presiden yang tepat, responden cenderung menjawab dengan hal-hal yang normatif, seperti tegas (24,7%), memahami kondisi negara (22,3%), serta merakyat (19,1%).

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest