Follow Us

Mahasiswa Unair Buat Inovasi, Sulap Vespa Klasik Jadi Motor Listrik!

Tim Redaksi - Rabu, 02 Maret 2022 | 19:50
6 Mahasiswa FTMM Ubah Vespa Klasik Jadi Bertenaga Listrik.
(Dok. Unair News)

6 Mahasiswa FTMM Ubah Vespa Klasik Jadi Bertenaga Listrik.

HAI-ONLINE.com - Dosen dan enam Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) sukses berkolaborasi menyulap Vespa klasik jadi kendaraan bertenaga listrik. Keenam mahasiswa tersebut dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTMM).

Rizky Nur Rachman, mahasiswa teknik elektro 2020 cerita kalau kolaborasi ini dimulai ketika dosennya, Dr Cand Yoga Uta ST MT, punya motor Vespa tua di rumah. Mesin motor manual keluaran tahun 90-an tersebut mulai tidak stabil dan sering mogok saat dikendarai.

“Akhirnya dosen mengajak kami untuk mengubah motor itu menjadi motor listrik. Biar bisa dikendarai seperti motor listrik zaman sekarang,” cerita Rizky dalam laman Unair dilansir Kompas.com, Rabu (2/3/2022).

Motor Vespa listrik dibuat mulai pertengahan Desember 2021 dan memakan waktu dua bulan. Rizky dan rekan-rekan mahasiswa harus membongkar seluruh mesin motor untuk mengecek apakah sistem kabel motor masih berfungsi atau tidak.

Selanjutnya, mesin motor diganti dengan listrik. Termasuk ditambahkan baterai serta inverter pada motor. Rizky bilang, pembuatan inovasi itu menjadi pengalaman baru bagi dirinya dan tim. Apalagi, mereka menangani motor tua.

Prosesnya pun memakan waktu yang cukup lama karena banyak kerangka Vespa yang rusak dan harus diganti.

Baca Juga: Terlanjur Punya Motor Bensin, Ridwan Kamil Ajak Pengendara dan Bengkel Modifikasi Mesinnya Jadi Motor Listrik

“Inovasi motor listrik itu di Indonesia belum terlalu banyak. Masih dipunyai beberapa perusahaan dan beberapa kampus yang sudah mulai mengerjakan. Kami berpikir ini hal baru dengan mengubah Vespa biasa menjadi Vespa listrik,” ujarnya.

Berharap dapat STNK

Meski kini sudah bisa dikendarai, ke depannya Rizky dan tim berharap agar hasil inovasi tersebut dapat didaftarkan untuk mendapat STNK.

“Karena sebelumnya motor itu pakai mesin biasa, dan sekarang pakai listrik. Jadi belum terdaftar,” ujarnya..

Rizky berharap proyek inovasi itu dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia, khususnya FTMM Unair untuk terus berinovasi dan berkontribusi kepada masyarakat. Terutama turut membangun masyarakat Indonesia yang maju dan berdaya saing global.

Selain Rizky, inovasi itu digarap oleh Bareno Fawwaz Rachmadhani, Muhammad Khosyi Salmahuda, Rayhan Akbar Xavier, Nengah Satya Atmana Wijaya, serta Ahmad ‘Afien Zidan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ubah Vespa Klasik Jadi Bertenaga Listrik, Inovasi Mahasiswa Unair".

(Tanya Audriatika)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest