Follow Us

CryptoBatz Proyek NFT Ozzy Ozbourne Bagikan Link Palsu, Followers Rugi Ribuan Dollar

Bagas Rahadian - Senin, 24 Januari 2022 | 10:53
Ozzy Osbourne
courtesy of W Communications/Consequence

Ozzy Osbourne

HAI-Online.com - Beberapa minggu lalu, musisi asal Inggris Ozzy Osbourne meluncurkan koleksi NFT CryptoBatz miliknya, yang menghadirkan 9.666 jenis desain kelelawar digital untuk diperjualbelikan lewat mata uang kripto.

Kini dilaporkan proyek NFT milik eks frontman Black Sabbath itu terlibat kasus penipuan, dengan sejumlah orang kehilangan ribuan dollar, usai menerima tautan palsu untuk produk NFT CryptoBatz.

Baca Juga: Ketahuan, Eminem Beli NFT dari Bored Ape Demi Investasi Digital

Berdasarkan laporan situs The Verge, Cryptobatz, yang menggunakan situs Discord untuk proses transaksinya, sempat mengubah link URL resmi untuk produk NFT-nya.

Ternyata, diubahnya link tersebut dimanfaatkan oleh hacker yang memanfaatkan URL lama untuk membuat situs Discord palsu.

Sialnya, Ozzy dan perusahaan mitranya masih meninggalkan tautan lama tersebut di situs dan tweet yang belum dihapus.

Alhasil, ratusan orang mengunjungi situs palsu bikinan hacker.

Saat ini, disebutkan jumlah total anggota yang terdaftar di situs palsu tersebut mencapai 1.330 pengguna, yang semuanya berpotensi kena tipu.

Baca Juga: Inilah Game ‘Wordle’ yang Lagi Rame di Twitter, Simak Cara Mainnya!

Adapun menurut pengakuan CryptoBatz, tautan yang salah telah dihapus dari unggahan pada 21 Januari, beberapa hari setelah minting dimulai dan tiga minggu setelah pengumuman resmi proyek tersebut.

Sutter Systems selaku pengembang CryptoBatz NFT sendiri tampak menyalahakan eror fatal yang terjadi di situs Discord sebelumnya.

"Meskipun kami merasa sangat menyesal atas orang-orang yang menjadi korban penipuan ini, kami tidak dapat bertanggung jawab atas tindakan scammers yang mengeksploitasi Discord — platform yang sama sekali tidak dapat kami kendalikan,” kata “Jepeggi,” salah satu pendiri Sutter Sistem.

Baca Juga: 5 Musisi Ini Pernah Sabet Academy Awards Karena Kontribusi di Film

"Menurut kami, situasi ini dan ratusan lainnya yang telah terjadi di proyek lain di ruang NFT dapat dengan mudah dicegah jika Discord memiliki tim respons/dukungan/penipuan yang lebih baik untuk membantu proyek besar seperti kami," katanya lagi. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular