Follow Us

Mengenal Efek Bahaya Tembakau Sintetis, Dulu Populer di Kalangan Pelajar SMA

Al Sobry - Sabtu, 15 Januari 2022 | 09:07
Ilustrasi vape gorilla

Ilustrasi vape gorilla

HAI-Online.com - Kasus narkoba yang menjerat komika Fico Fachriza menurut pihak kepolisian telah terbukti positif (urine) karena memakai narkoba jenis tembakau sintesis atau yang lebih dikenal dengan tembakau gorila alias ganja buatan.
Kalo mengutip laman resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), tembakau gorilla atau disebut juga tembakau super merupakan jenis tembakau yang bisa menimbulkan efek mirip dengan ganja.

Tembakau ini pernah populer digunakan oleh pelajar SMA dan mahasiswa. Nah, julukan 'gorila' yang tersemat di jenis tembakau ini pun berasal dari testimoni para pemakainya.

Baca Juga: Ini 5 Bahaya Sering Self-Diagnose Tanpa Konsultasi ke Ahlinya

"Rasa nge-fly nya itu seperti tertimpa gorila," begitu kata mereka yang pernah mencoba.

Tembakau gorila biasa dicampur dengan tembakau rokok kemudian dilinting seperti menggunakan ganja, lalu diisap.

Belakangan tembakau gorilla sudah diproduksi dalam bentuk liquid dan bisa dengan mudah dihisap seperti memakai rokok elektrik pada umumnya.

Nah, efek menghisap ganja buatan ini bakal dapat menimbulkan efek berupa halusinasi, rasa senang berlebihan dan ketergantungan (adiktif).

Sebagian orang yang tidak kuat menahan efeknya bisa mengalami muntah-muntah hingga black out, tidak sedikit yang meninggal dunia.

"Dulu tahun 2015-2016 memang terkenal tembakau gorilla ini. Sejenis tembakau yang terdiri dari tembakau, cengkeh, tetapi ada satu lagi jenis yang baru namanya ekstrak dagga liar," kata dr Andri SpKJ, FAPM, dari RS Omni Internasional yang juga seorang Pyschosomatician (ahli pengobatan dasar-dasar ilmu jiwa).

Ada temuan aneh bagi orang yang mengonsumsi tembakau gorill, menurut dr. Andri meski punya efek menyerupai pakai ganja. Penggunanya jika dilakukan uji tes narkoba, hasilnya bisa dinyatakan negatif karena nggak terdeteksi.

”Ekstrak dagga liarnya itu punya efek sedatif atau penenang yang tinggi sehingga ada yang bilang ini tembakau mirip ganja," lanjut dr Andri.

Baca Juga: Waspadai Efek Buruk Kebiasaan Nyampur BBM pada Motor, Bisa Bikin Mesin 'Ngelitik'!

Ketika mengonsumsi tembakau gorilla seseorang bisa alami halusinasi, euforia luar biasa, dan juga rasa tenang. Efek ini akan bertahan dalam hitungan jam tapi bisa juga hingga seharian penuh tergantung daya serap pengguna. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest