Follow Us

Kenalan sama Frank Fiegel, Sosok Inspirasi Kartun Popeye yang Dikenal Nggak Kenal Takut!

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 28 Desember 2021 | 09:05
Frank 'Rocky' Fiegel (Popeye The Sailor Man).
Elite Readers

Frank 'Rocky' Fiegel (Popeye The Sailor Man).

HAI-Online.com – Kalian kenal sama si pelaut Popeye? Yang mungkin belum banyak orang tahu, ternyata karakter kartun ini dibuat berdasarkan pada orang yang nyata, lho! Nggak hanya bentuk fisiknya, sifat-sifatnya pun sangat mirip dengan yang dibuat dalam Popeye!

Popeye sendiri adalah kartun lawas yang ada sejak awal abad ke-20. Melansir Snopes, kartunis E.C. Kartunis asal Amerika Serikat tersebut menciptakan Popeye the Sailor pada tahun 1919 setelah mengambil kursus korespondensi menggambar dari seorang pria di Cleveland.

Namun bukan dari pelaut, karakater Popeye justru disebut mengambil inspirasi dari seorang penduduk kota bernama Frank Fiegel.

Karakterisasi Popeye dapat ditemukan dalam tampilan dan kepribadian Fiegel, yang memiliki dagu yang kuat, selalu merokok pipa, dan gemar berkelahi.

Fred Grandinetti mengeksplorasi asal-usul karakter tersebut dalam bukunya berjudul Popeye: An Illustrated Cultural History. Dalam bukunya, ia menemukan bahwa penduduk lokal Chester, Illinois, (tempat pencipta Segar dibesarkan pada awal 1900-an) bernama Frank Fiegel, kemungkinan besar menjadi inspirasi bagi Segar.

"Frank Fiegel merupakan keturunan Polandia. Ia tinggal bersama ibunya di sebuah rumah dekat Pemakaman Evergreen," tulis Grandinetti. "Ia bertubuh tinggi, kuat, selalu siap bertarung dan selalu menjadi pemenang," sambungnya.

Baca Juga: Michael Keaton Dikabarkan Bakal Peranin Batman Lagi di Film 'Batgirl'

Rocky (panggilan Frank Fiegel) bekerja paruh waktu di salon George Gozney. Ketika dia menyelesaikan pekerjaannya, orang akan menjumpai dirinya meminum beberapa gelas bir, kemudian mengambil kursi di luar, duduk sendiri, memiringkan kursi ke belakang, menyalakan pipa di mulutnya, melanjutkan tidur siang di bawah sinar matahari.

"Rocky yang sedang tidur, selalu menjadi incaran bagi candaan anak-anak sekolah yang datang. Mereka akan merayap mendekat, berteriak keras, dan lari," ungkapnya. "Rocky akan terbangun dengan kaget dan melompat dari kursinya, lengannya terayun-ayun, siap untuk berkelahi," tambahnya.

"Namun, anak-anak sekolah tadi telah jauh meninggalkannya sambil tertawa," lanjutnya. Mengayunkan lengan adalah bagian favorit dari karakter Popeye saat dirinya hendak berkelahi dengan musuh bebuyutannya, Bluto.

Di masa mudanya, Fiegel dikenal memiliki kekuatan luar biasa. "Dia memiliki kekuatan yang luar biasa karena fisiknya yang keras, maka dia dikenal sebagai Rocky," tulis Grandinetti.

Meskipun bukan seorang pelaut, dan lebih cenderung menenggak minuman keras daripada bayam, Fiegel memiliki reputasi sebagai sosok yang tangguh dan nggak kenal takut seperti karakter kartun Popeye.

Source : snopes.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest