Follow Us

Jawab Tantangan Kependudukan dan Pariwisata, Kemenkominfo Galakkan Pembangunan Berbasis Smart City

Tim Konten - Jumat, 17 Desember 2021 | 09:39
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan sambutan dalam acara penutupan Gerakan Menuju Smart City
Dok. Kemenkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan sambutan dalam acara penutupan Gerakan Menuju Smart City

Nextren.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus mengupayakan penerapan dan pengembangan smart city di Indonesia melalui Gerakan Menuju Smart City.

Pembangunan berbasis smart city diakui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjadi jawaban atas tantangan urbanisasi dan pariwisata di era digital.

Hal tersebut disampaikan Johnny dalam acara penutupan Gerakan Menuju Smart City 2021 di Indonesia Convention Center (ICE) BSD, Tangerang, Selasa (14/12/2021).

Johnny memprediksi urbanisasi akan naik hingga 82,37 persen di 2045. Sementara itu, penetrasi internet di Indonesia juga mencapai 73,3 persen per Januari 2021.

Baca Juga: Laptop Gaming Pilihan Nextren Editor Choice 2021: Lenovo Legion 5 Pro

Artinya, dengan semakin banyaknya masyarakat yang tinggal di perkotaan, maka semakin tinggi pula kebutuhan internet yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan penyedia internet.

“Untuk mengantisipasi arus digital ini pemerintah kota dan kabupaten harus memanfaatkan teknologi. Termasuk teknologi Internet of Things (IoT) dalam membuat solusi cerdas dan optimalisasi layanan bagi masyarakat,” ujarnya.

Di samping mengoptimalkan utilisasi internet, Johnny mengatakan bahwa pengembangan smart city menjadi langkah tepat untuk transformasi digital di kota/kabupaten.

“Pengembangan smart city menjadi signifikan karena setiap kota/kabupaten memerlukan strategi pengembangan yang akomodatif. Gerakan Menuju Smart City menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh kita bersama, yang diinisiasi oleh Kementerian Kominfo,” lanjutnya.

Baca Juga: Laporan Ericsson: Data Traffic Seluler Meningkat Selama 10 Tahun

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City merupakan program tahunan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) sejak 2017.

Editor : Nextren

Latest