Follow Us

Ari Lasso Sebut Keputusan Ahmad Dhani Jadiin Dewa 19 Band Tanpa Vokalis Itu Cerdas

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 15 November 2021 | 10:35
Dewa 19 Ft. Ari Lasso & Once
Instagram/ @drummergimbal

Dewa 19 Ft. Ari Lasso & Once

HAI-Online.com – Meski sempat beberapa kali diisi sejumlah musisi top mulai dari Judika hingga kini Virzha selepas hengkangnya Once Mekel, Dewa 19 nggak benar-benar punya vokalis tetap.

Yup, bisa dibilang saat ini Dewa 19 adalah band tanpa vokalis.

Ari Lasso yang sempat jadi vokalis hingga 1999 ini pun menyebut keputusan Ahmad Dhani tersebut sebagai langkah yang cerdas.

Hal itulah yang membuat Ari Lasso juga menepis kemungkinan dirinya comeback dengan Dewa 19. Ia menegaskan bahwa Dewa 19 sudah bulat buat nggak menggunakan vokalis dalam keanggotaannya.

"Dewa tuh sudah memutuskan diri menjadi band tanpa vokalis. Pinter dia," tutur Ari Lasso pada Juni lalu, mengutip channel YouTube pribadinya.

Baca Juga: Inilah Album Dewa 19 yang Menurut Ari Lasso Jadi Lompatan Besar Skill Bermusik Ahmad Dhani

Di sisi lain, formasi tanpa vokalis ini memberi keuntungan bagi Dewa 19 sendiri karena mereka bisa lebih bebas berkolaborasi dengan musisi manapun.

Bahkan dengan strategi ini, Dewa 19 justru bisa menggandeng dua eks vokalis ikoniknya, Once Mekel dan Ari Lasso sendiri.

"Misalkan gue masuk ke Dewa, itu nggak bisa lagi pakai Once dong? Atau misalkan Once balik lagi, gue nggak bisa masuk juga," tutur Ari Lasso.

Ari Lasso justru melihat keputusan Dewa 19 ini adalah sebuah langkah jenius untuk menyasar pasar yang lebih luas. Menurutnya, para event organizer (EO) kini bisa leluasa mencari penonton yang ingin melihat aksi Dewa 19 baik dengan Ari Lasso atau Once Mekel sebagai vokalisnya.

"Ketika pasar request reuni dengan Once, ya Once jalan beberapa kota, terus kemudian Dewa 19 reunion dengan gue juga bisa," kata Ari Lasso.

Melihat keputusan Ahmad Dhani ini, mungkin memang sosok Ari Lasso dan Once Mekel benar-benar nggak tergantikan di Dewa 19.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest