Follow Us

Viral di TikTok Bersihin Hidung Pakai Bawang Putih, Ternyata Berisiko Kata Pakar Unair

Ferry Budi Saputra - Rabu, 21 Juli 2021 | 08:53
Ilustrasi bawang putih
Pixabay

Ilustrasi bawang putih

HAI-Online.com - Viral di TikTok, tersebar video netizen yang menggunakan bawang putih untuk mengeluarkan ingus.

Baca Juga: Ramai di TikTok soal Benua Australia Bergerak ke Indonesia, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Video itu menampilkan cara melegakan hidung yang tersumbat dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam hidung.

Jika sudah terasa baunya dan terasa panas dalam beberapa waktu, bawang putih itu dikeluarkan dan otomatis lendir hidung keluar.

Dalam video, lendir atau ingus yang keluar cukup banyak. Banyak netizen yang ingin mencoba teknik murah meriah ini, ada juga yang masih meragukan efektivitas metode ini.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Chusnu Romdhoni menjelaskan metode menggunakan bawang utuh ternyata tidak dianjurkan.

"Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Chusnu dikutip dari Kompas.com.

Hidung tersumbat sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi misalnya rinitis akut, rinitis kronis. Lalu alergi seperti pilek alergi atau tumor seperti kanker sinus dan hidung.

Meskipun Covid-19 tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, metode bawang putih utuh juga tidak direkomendasikan untuk mencegah Covid-19, “Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine,” jelas dia.

Selain pencegahan Covid-19, metode memasukkan bawang putih ke dalam rongga hidung juga tidak disarankan untuk mengurangi hidung tersumbat. Dia juga menjelaskan bahwa memasukkan benda, dalam hal ini bawang putih, dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung.

Baca Juga: Ingat Foto Kelelawar Seukuran Manusia yang Viral? Ternyata Emang Beneran Ada Di Dunia Nyata

Chusnu Romdhoni menyampaikan, pengobatan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan menthol.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest