Follow Us

Colosseum Roma Bakal Punya Lantai Lagi dengan Bantuan Teknologi Baru

Ferry Budi Saputra - Kamis, 13 Mei 2021 | 14:30
Colosseum Roma
Pixabay

Colosseum Roma

HAI-Online.com - Salah satu tempat paling bersejarah di dunia, Colosseum Romawi kuno yang terletak di Roma bakal memiliki lantai berkat proyek baru berteknologi tinggi.

Baca Juga: TikTok Lite Udah Tersedia, Ini 4 Perbedaannya dengan Versi Biasa

Melansir Reuters, proyek itu diumumkan oleh Kementerian Budaya Italia pada Minggu (2/5/2021), "Ini adalah proyek yang luar biasa," kata Menteri Kebudayaan, Dario Franceschini.

Dia juga menyebut proyek itu akan mengambil konsep lantai yang fleksibel untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada wisatawan, tentang bagaimana rasanya berada dalam arena yang pernah dipenuhi gladiator yang bertempur sampai mati di sana.

"Anda akan dapat berjalan di lantai tersebut dan pergi ke pusat Colosseum, melihatnya dengan cara yang sama seperti yang biasa dilakukan pengunjung hingga akhir abad ke-19," kata Franceschini.

Sebelumnya, lantai terakhir telah ditiadakan oleh para arkeolog untuk melihat lebih jelas ruangan labirin dan koridor yang terletak di bawah arena itu.

Ilustrasi Lantai Colosseum Roma
Tangkapan Layar Reuters

Ilustrasi Lantai Colosseum Roma

Baca Juga: Ternyata Angka di Papan Nama Stasiun Bukan Menunjukkan Jarak, Tapi Demi Keselamatan

Terkait dengan proyek ini, perusahaan teknik Italia, Milan Ingegneria, memenangkan kontrak senilai 18,5 juta euro ($ 22,2 juta) atau senilai 317 milliar Rupiah untuk merancang lantai baru dan telah berkomitmen untuk menyelesaikan proyek tersebut pada tahun 2023.

Platform akan terdiri dari ratusan bilah kayu yang dapat diputar, sehingga dapat membawa cahaya alami ke ruang bawah tanah yang pernah digunakan untuk menampung gladiator dan hewan sebelum pertempuran mematikan.

Colosseum adalah objek wisata paling populer di Italia, menarik sekitar 7,6 juta pengunjung pada 2019, sebelum virus korona menyerang.

Bangunan ini dibangun 2.000 tahun yang lalu dan arena batu tersebut adalah teater terbesar di kekaisaran Romawi.

Dulunya memiliki hingga 70.000 kursi dan menyelenggarakan pertarungan gladiator, eksekusi, serta perburuan hewan. Arena itu juga bisa diisi dengan air untuk mengadakan pertempuran laut. (*)

Baca Juga: Ilmuwan Sebut Musik Mampu Menyinkronkan Gelombang Otak Manusia

Source : Reuters

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest