Follow Us

Sulit Mencari Buku untuk Dibaca? 5 Perpustakaan Ini Sediakan Layanan Digital

Ferry Budi Saputra - Selasa, 27 April 2021 | 12:30
Ilustrasi buku
PIXABAY/MARISA_SIAS

Ilustrasi buku

HAI-Online.com - Bagi pelajar ataupun mahasiswa buku menjadi sumber ilmu yang penting untuk dibaca. Termasuk bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis tentu memerlukan buku sebagai sumber referensi.

Baca Juga: Ini Syarat dan Jadwal Program Beasiswa LPDP 2021 untuk Mahasiswa S1

Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, bagi mereka yang ingin pergi ke perpustakaan tentu menjadi hal yang sedikit merepotkan saat ini. Tetapi, seiring kecanggihan teknologi, saat ingin membaca buku tidak perlu repot-repot datang ke perpustakaan dan meminjam buku yang dicari.

Saat ini sejumlah perpustakaan juga menyediakan layanan digital untuk mempermudah akses masyarakat. Saat ini ada beberapa layanan perpustakaan digital yang dikembangkan oleh sejumlah perpustakaan di Indonesia. Layanan ini memungkinkan para penggunanya untuk meminjam dan membaca buku secara cuma-cuma tanpa perlu datang ke perpustakaan.

Berdasarkan laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), para pelajar maupun mahasiswa bisa mencoba 5 perpustakaan dengan layanan pustaka digital di bawah ini:

1. Perpustakaan Nasional

Layanan perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional bisa diakses melalui aplikasi “iPusnas” yang dapat diunduh di Playstore, Appstore, maupun melalui komputer.

Awalnya kalian harus membuat akun terlebih dahulu. Kemudian lakukan verifikasi email. Untuk meminjam buku, bisa langsung mencari buku berdasarkan judul buku maupun berdasarkan kategori buku, kemudian lakukan peminjaman.

2. Perpustakaan Kemendikbud

Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga memiliki layanan pustaka digital berbasis aplikasi bernama “eperpusdikbud”. Aplikasi ini dapat diunduh melalui play store.

Kalian bisa mencari buku berdasarkan judul di kolom pencarian maupun mengganti kategori buku yang tampil sesuai kebutuhan. Aplikasi ini menampilkan ringkasan buku, informasi umum, serta penilaian dan ulasan buku.

Baca Juga: Bingung Cari Bahan Buat Nugas? Kemendikbud Ngasih 9 Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah Online Nih!

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest