Follow Us

Ardhito Pramono Lawan tvN Korea Soal Putar Lagunya Tanpa Izin, Label Belum Bersuara!

Al Sobry - Minggu, 11 April 2021 | 07:57
Ardhito Pramono
Instagram @ardhitopramono

Ardhito Pramono

HAI-Online.com - Ardhito Pramono mengungkap, lagu-lagunya kerap digunakan secara cuma-cuma oleh tvN dalam beberapa acara variety show yang ditayangkan di Korea.

Tak lama setelah mengungkap masalah hak cipta musik yang digunakan tanpa izin ini, pihak tvN menanggapi perlawanan dari musisi 25 tahun itu.

Menurut pihak tvN melalui akun media sosial resmi mereka, diantaranya mengklaim bahwa acara Three Meals a Day telah mendapat izin untuk menggunakan lagu Ardhito yang berjudul "Bitter Love".

Baca Juga: Ingin Kuliah di Korea Selatan? Coba Ikuti Beasiswa KAIST untuk Jenjang S1 Ini

Pihak tvN mengatakan, lagu tersebut telah terdaftar di Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, dan mereka telah membayar fee untuk memutarnya.

"Lagu 'Bitter Love' yang diklaim telah digunakan tanpa izin di beberapa produk adalah lagu yang telah terdaftar oleh Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, dan biaya penggunaannya telah dibayarkan melalui Asosiasi Hak Cipta Musik Korea," tulis mereka dalam bahasa Korea.

tvN kemudian mengatakan juga, bahwa mereka telah menjelaskan langsung perihal ini kepada artis bersangkutan, dan memahami hal tersebut sebagai kesalahpahaman.

"Hak cipta seluruh musik yang digunakan dalam siaran telah mendapat izin berdasar kontrak perusahaan kami dengan Asosiasi Hak Cipta Musik Korea, Asosiasi Industri Rekaman Korea dan Asosiasi Musisi Korea," tulis akun @tvn3meals.

Melalui Instagram Story-nya, Ardhito pun akhirnya memberikan bagian klarifikasi lagi, dan membenarkan adanya kesalahpahaman, namun belom selesai sampai di sana.

"Izin untuk lagu-lagu Ardhito Pramono yang digunakan oleh show 'Three Meals a Day' ternyata (diakui tvN) sudah dilakukan oleh pihak produksi dari acara tersebut," tulis Ardhito.

Ardhito mengatakan kalau dia tidak pernah tahu jika lagu-lagunya, sepeti Bitter Love, Superstar, Say Hello, 925 yang telah digunakan untuk tayangan acara tersebut mendpaat tembusan izin resmi.

Dari sana, cowok berkacamata ini pun mempertanyakan pihak label soal perizinan yang dimaksud tvN karena tidak sampai kepadanya, baik info apalagi izin dan tembusan royalti.

Baca Juga: Musisi Lil Nas X. Bikin Sepatu Setan yang Disuntik Darah Manusia, Nike Blacklist dan Gugat Label Desainer

"Awalnya saya sebagai produser dan pencipta lagu tidak pernah mendapatkan info tentang lagu-lagu yang digunakan. Mohon sekali @sonymusicid bersama @sonymusickorea bekerja sama dalam hal ini," lanjut Ardhito. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest