Follow Us

Mendikbud Beri Lampu Hijau Pembelajaran Tatap Muka Meski tak 100 Persen, Bisa Dilaksanakan Asal dengan Syarat Ini

Ruhil Yumna - Jumat, 26 Februari 2021 | 07:15
Masih Zona Merah Covid-19, Kemendikbud Izinkan Bekasi Simulasi KBM Tatap Muka
Sonora.ID/Gerard Mampuk

Masih Zona Merah Covid-19, Kemendikbud Izinkan Bekasi Simulasi KBM Tatap Muka

GridHype.ID - Hampir setahun pandemi melanda seluruh dunia.

Dunia pendidikanmu ikut beradaptasi dengan segala kondisi yang ada.

Usai menjalani berbulan-bulan pembelajaran daring, baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan jika pembelajaran tatap muka bisa dilaksananakn seusai vaksinasi selesai,

Dengan dilaksanakannya vaksinasi untuk tenaga pendidik yang ditargetkan selesai pada Juni 2021, maka belajar tatap muka di sekolah bisa dimulai pada Juli 2021.

"Mungkin tidak 100 persen (belajar tatap muka di sekolah), tapi paling tidak bisa saja dua kali seminggu atau tiga kali, atau dalam sistem rotasi, karena protokol kesehatan tetap dijaga," kata Nadiem dilansir dari Kompas TV, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Iqbaal Ramadhan Curhat ke Mendikbud: Aku Sering Dibully Waktu SD Pak

Nadiem mengatakan, vaksinasi Covid-19 ini diprioritaskan untuk tenaga pendidik mulai dari Sekolah Dasar (SD), PAUD, Sekolah Luar Biasa (SLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi.

Menurut Nadiem, hal tersebut dilakukan dikarenakan semakin muda jenjang pendidikan maka proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) semakin sulit dilakukan.

"Dan mereka yang paling membutuhkan interaksi fisik dan tatap muka.

Tapi sekali lagi Walaupun tatap muka pun, itu harus menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Kemenkes dan Kemendikbud," ujarnya.

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan, sasaran vaksinasi Covid-19 bagi tenaga pendidik ini mencapai 5,5 juta orang termasuk tenaga pendidik dibawah naungan Kementerian Agama dan swasta.

Source : kompas, tribunnews

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest