Follow Us

Liga 1 dan Liga 2 Resmi Dibatalkan, Indonesia Tanpa Sepak Bola

None - Jumat, 22 Januari 2021 | 11:25
Shopee Liga 1 Musim 2020
bolasport.com

Shopee Liga 1 Musim 2020

HAI-Online.com - Sudah cukup lama para pecinta sepak bola tanah air menunggu kabar kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020. Banyak juga yang bertanya-tanya kapan akan dilanjutkan kembali karena sudah lama Indonesia tanpa kompetisi sepak bola.

Baca Juga: Conor McGregor Ragu Khabib Mau Bertarung Sekali Lagi Dengannya!

Namun, semua itu akhirnya terjawab melalui rapat Exco PSSI yang diselengarakan pada Rabu (20/1/2021), dengan pertimbangan kondisi force mejure, musim kompetisi 2020 resmi dibatalkan. Tanpa adanya juara dan tim yang terdegradasi.

Berdasarkan keputusan tersebut, ini berarti susunan tim peserta Liga 1 dan Liga 2 2021 tetap sama dengan musim 2020. Dalam rapat itu juga membahas soal kontrak pemain.

Kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan force mejure di dalam kontrak masing-masing klub. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa keputusan yang diambil Exco PSSI adalah pertimbangan dari masukan dan usulan setiap klub Liga 1 dan Liga 2.

Seperti yang diketahui, pada 15 Januari 2021, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menggelar pertemuan virtulan dengan perwakilan klub-klub. Mayoritas klub yang mengikuti meeting tersebut meminta agar kompetisi musim 2020 dihentikan.

Baca Juga: Wuih! Di Korea Selatan, Bioskop Bisa Disewakan Jadi 'Rental PS'

"Berdasarkan masukkan dan kemudian Exco PSSI membahasanya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu," ucap Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI. "Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan," kata Iriawan menambahkan.

Meski telah dibatalkan, belum ada keputusan lain soal kapan dimulainya kompetisi 2021. Sejauh ini, PSSI dan PT LIB masih menunggu izin dari pihak kepolisian.

Seperti yang diketahui, kompetisi Liga 1 2020 dihentikan sejak Maret 2020 karena pandemi Covid-19. Ketika itu Persib Bandung masih memimpin dengan poin sempurna, sembilan, dari tiga laga yang dimainkan. Sementara itu, Liga 2 2020 belum memainkan satu pun pertandingan.

Memang sulit untuk menggelar kompetisi sepak bola pada masa pandemi seperti ini, perlu protokol kesehatan dan pengawasan yang ketat juga jika ingin sepak bola Indonesia kembali seperti semula.

Bisa saja dengan menerapkan protokol seperti di Liga Eropa yang bermain tanpa penonton dan melakukan tes Covid-19 sebelum hari pertandingan. Semoga musim 2021 PSSI dapat menemukan cara terbaik agar kompetisi sepak bola Indonesia dapat bergulir kembali.

Baca Juga: Allianz Indonesia Gandeng Bank Hana Indonesia untuk Mudahkan Nasabah

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Liga 1 dan Liga 2 2020 Resmi Dibatalkan, Tak Ada Juara dan Degradasi"

Penulis: Ferry Budi Saputra

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest