Follow Us

Sarat Pesan Toleransi, Hindia & Dipha Barus Rilis 'Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 7'

Bagas Rahadian - Jumat, 15 Januari 2021 | 13:31
Hindia dan Dipha Barus
Dok. siaran pers

Hindia dan Dipha Barus

HAI Online.com - Menyambut awal tahun 2021, Baskara Putra alias Hindia melepas karya terbarunya bersama DJ dan produser musik, Dipha Barus.

Judulnya adalah “Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 7”, yang ternyata bukan sembarang judul.

Seperti umumnya lagu-lagu ciptaan Hindia yang kerap mengangkat isu di ranah sosial maupun personal, “Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 7” kabarnya menyasar pada topik perihal toleransi antar masyarakat di Indonesia.

"Fokusnya lebih ke aspek sosial, bukan agamanya,” tegas Baskara soal lagu ini.

“Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 7” juga adalah bagian terbaru dari 'Tidak Ada Salju di Sini'. Seri lagu ini hadir buat menggambarkan bagaimana rasanya bulan Desember dalam konteks Natalan sebagai orang Kristen di Indonesia.

Uniknya, “Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 7” dibuka dengan bunyi monitor detak jantung pasien COVID-19 yang direkam Dipha, lalu digabungkan dengan suara anak kecil yang melafalkan doa 'Bapa Kami'.

Dari segi lirik, “Tidak Ada Salju di Sini, Pt. 7” kembali mengungkapkan keresahan yang dialami sebagai umat Kristiani di Indonesia.

Aksi teror yang terjadi di Sigi (November 2020) ketika lagu ini sedang dibuat seakan-akan menjadi pengingat bahwa perjalanan masih panjang untuk menuju toleransi yang sesungguhnya.

“Ya, benar-benar cuma bisa nyanyi. Ini kayak pengalaman kolektif yang orang Kristen rasakan di sini,” kata Baskara dalam keterangan pers kepada HAI.

Baca Juga: Alasan 3 Band Indonesia Ini Punya Nama Yang Ditulis Secara Unik

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest