Follow Us

DeadSquad Siapkan Album Baru di 2021, Stevi Item: Mohon Doanya

None - Kamis, 07 Januari 2021 | 12:11
DeadSquad
Instagram/@deadsquad.official

DeadSquad

HAI - ONLINE.COM - Setelah diterpa satu demi satu berita musibah dan duka, kabar menggembirakan akhirnya muncul untuk tahun 2021 ini.

Kabar gembira ini hadir khususnya untuk para Pasukan Mati, sebutan untuk fanbase dari DeadSquad.

Kabar ini diumumkan oleh Stevi Item melalui akun instagram DeadSquad @deadsquad.official. Gitaris sekaligus salah satu founder dari DeadSquad tersebut memberikan cuplikan singkat materi DeadSquad saat sedang melakukan proses rekaman.

Stevi Item secara pribadi juga ngabarin ke HAI, dan mohon doa untuk pengerjaannya.

"News untuk 2021, gue lagi ngerjain album baru Deadsquad. Mohon doanya," ucapnya singkat.

DeadSquad merilis album debutnya pada tahun 2009 yang bertajuk ‘Horror Vision’, sebuah titik balik bagi scene metal Indonesia di masa itu. Mereka didapuk sebagai opening act bagi Lamb of God yang sedang menyambangi Jakarta.

Dari situlah perjalanan bersejarah DeadSquad dimulai.

Penggemar metal di Indonesia kala itu sebagian besar masih dinina bobokan dengan alunan Metalcore yang melodius dan cenderung easy listening. Tahun 2009, belum banyak band metal yang berani memainkan musik ribet dan diiringi ketukan ganjil seperti DeadSquad di ‘Horror Vision’. Kecuali lo mau ngulik ke daerah-daerah terpencil di Jawa Timur yang kayaknya emang punya scene metal ajaib di sana.

Baca Juga: Death Metal Guide From DeadSquad: Definisi, Sejarah, dan 4 Rekomendasi Album dari Daniel dan Tepi

DeadSquad kemudian merilis album penuh ‘Profanatik’ empat tahun berselang, masih memainkan elemen musik yang sama namun terasa lebih gelap dan gahar. Instrumen yang dimasukkan pada album ini juga lebih kaya dan berisi. Pengaruh Technical Brutal Death Metalseperti Necrophagist, Disavowed, ataupun Spawn of Possesion masih sangatlah kental didengarkan. Nama terakhir belakangan muncul saat sang pemain bass, Erlend Caspersen mengisi posisi bass saat mendaur ulang lagu ‘Anatomi Dosa‘ menjadi ‘Anatomi Dosa 2.0’ yang dirilis di kanal YouTube resmi mereka.

Bongkar pasang personel tidak menghalangi laju DeadSquad dalam mematenkan namanya dan terus berkarya. ‘Tyranation‘ berhasil dirilis pada tahun 2016 yang melengkapi kehadiran DeadSquad selama satu dekade di belantika musik keras Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, pada track pembuka ‘Enter The Wall of Tyranation (Jancuk)’; DeadSquad mengajak Sujiwo Tejo untuk berkolaborasi. Proses pendewasaan dari segi materi dan produksi bisa dilihat dalam album ini. Elemen Old School Death Metal lawas ala Suffocation & Cannibal Corpse dileburkan dengan kenjelimetan musik Technical Death Metal yang sudah menjadi ciri khas DeadSquad.

Setelah menunggu hampir lima tahun, gerombolan Pasukan Mati memang patut untuk menagih materi teranyar yang bakal dikeluarkan tahun ini. Publik pasti sudah tidak sabar untuk menanti musik metal seperti apa yang bakal disajikan oleh Stevi Item, Daniel Mardhany, Welby Cahyadi, Alvin Eka Putra, dan Kharisma ini. Pokoknya mohon doanya ya, Guys!

Penulis: Mohammad Farras Fauzi

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest