Ilustrasi
Ilustrasi ( ClaudioStocco)

Berikut Ini 4 Tips Cara Memilih Ikan Segar Untuk BBQ Malam Tahun Baru

31 Desember 2020 06:48 WIB

SonoraBangka.id - Saat malam tahun baru sebaiknya memilih ikan segar untuk pesta barbeku (BBQ) di rumah perlu diperhatikan. Pastikan kamu mengetahui cara pilih ikan segar buat barbeku nanti sebelum membeli ikan. Dari pengalaman reporter Kompas.com, saat ke Pasar Ikan Modern Muara Baru pada Rabu (18/12/2019), berikut empat cara pilih ikan segar yang bisa kamu ikuti.

1. Ikan segar memiliki mata yang bening

Kesegaran ikan bisa dilihat dari bagian matanya. Perhatikan mata ikan saat memilih ikan segar untuk BBQ. Pilih mata ikan yang bening dan bagian pupil harus hitam pekat. Jika mata ikan tidak bening, itu artinya ikan sudah disimpan selama beberapa hari lamanya. Mata ikan yang masih bening juga menandakan kalau ikan layak untuk dikonsumsi. Daging ikan juga masih terasa gurih dan mudah ketika diolah.

2. Hindari memilih ikan yang badannya kaku

Coba sentuh dan tekan bagian badan ikan setelah memperhatikan bagian mata ikan. Jangan dipilih jika kamu merasa badan ikan memiliki tekstur yang kaku dan keras. Pilih ikan yang masih memiliki tingkat elastis yang baik. Tekan daging ikan, jika cepat balik berarti daging ikan masih segar dan baik untuk dikonsumsi.

3. Cicipi daging ikan secara mentah

Untuk mengetahui kesegarannya coba pegang bagian daging ikan. Kemudian, jilat jari bekas menyentuh daging ikan. Tunggu beberapa detik, kalau lidahmu terasa gatal, jangan beli ikan tersebut. Cara ini bisa dilakukan, agar lebih yakin terhadap kesegaran ikan yang dibeli. Di beberapa pasar, ikan mentah biasanya disimpan dengan es batu dan garam. Cara simpan ikan tersebut membuat badan ikan menjadi kaku. Sebenarnya, ikan seperti itu masih layak dikonsumsi. Maka, dengan mencicipi daging ikan secara mentah ini kamu jadi lebih tahu, apakah ikan ini segar atau tidak.

4. Pilih harga tertinggi untuk jenis ikan yang sama

Agar ikan yang dijualnya laku semua, biasanya para pedagang memiliki trik tersendiri, Termasuk ikan yang memiliki luka. Biasanya, ikan yang memiliki luka dijual dengan harga yang lebih miring. Sebaliknya, ikan yang bagus akan dijual dengan harga yang lebih mahal walau jenisnya sama. Lebih baik, pilih ikan dengan harga tertinggi dengan kualitas ikan yang bagus. Selin itu, ikan yang masih bagus juga masih memiliki masa simpan yang cukup lama, jika sisa saat pesta barbeku nanti.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Pilih Ikan Segar buat BBQ pada Malam Tahun Baru", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/12/30/151614875/4-cara-pilih-ikan-segar-buat-bbq-pada-malam-tahun-baru?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm