Follow Us

EP Utha Likumahuwa – Sesaat Kau Hadir Remixes Resmi Dirilis, Jadi Bagian dari Peremajaan Musik Indonesia

Alvin Bahar - Minggu, 29 November 2020 | 10:52
Utha Likumahuwa
Warner Music Indonesia

Utha Likumahuwa

HAI-ONLINE.COM - Utha Likumahuwa "kembali" lagi. Dalam EP terbarunya, “Sesaat Kau Hadir”, lagu yang melambungkan nama Utha Likumahuwa di tahun ’80-an, diremix oleh tiga produser Tanah Air dan satu produser luar negeri.Mereka adalah Vantage (Prancis), CVX, Pablo Cikaso, dan Munir.

Karya mereka hadir di dalam rilisan dalam EP digital yang diberi nama Utha Likumahuwa – Sesaat Kau Hadir Remixes. Seluruh remixes dirilis melalui Warner Music Indonesia (WMI), dan dapat didengar di seluruh layanan streaming.Sebelumnya, setiap remix dirilis secara berkala setiap hari Jumat, pada November 2020. “Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” dirilis 6 November lalu, sementara remix dari CVX diluncurkan seminggu setelahnya. Kemudian, tanggal 20 November lalu, Warner Music Indonesia merilis “Sesaat Kau Hadir (Munir Remix)”. Lalu Jumat (27/11), EP Sesaat Kau Hadir Remixes diluncurkan dalam satu paket, dengan menampilkan beberapa remix di atas, dan sebuah remix istimewa dari VANTAGE.Jadi penasaran, gimana sih proses remix-nya?

Baca Juga: Nadine Chandrawinata: Butuh Orang Menegur untuk Buang Sampah Puntung pada TempatnyaDapet info dari Warner Music Indonesia, dalam proses produksi yang dilakukan selama Oktober 2020, setiap produser diberi kebebasan untuk membangun ulang “Sesaat Kau Hadir”.

Vokal ikonik Utha Likumahuwa jadi identitas pada tiap remix, sementara gaya masing-masing produser ditonjolkan lewat aransemen dan sound yang mereka tawarkan. Sehingga, setiap remix memiliki warnanya tersendiri tanpa meninggalkan signature sang legenda di dalam karyanya.Pihak keluarga almarhum Utha Likumahuwa menyambut baik inisiatif proyek yang digagas WMI ini. “[Ini] merupakan perubahan yang menyegarkan! Karyanya di-mix sempurna tanpa kehilangan sensasi vokal beliau. Kami bangga banget sama [karya] ini!,” tegas Abraham Likumahuwa, putra kandung sang legenda, Utha Likumahuwa.Salah satu produser yang meremix adalah VANTAGE, produser asal Prancis yang terkenal lewat single “50/50”

Vantage, salah satu produser yang meremix “Sesaat Kau Hadir”, adalah produser asal Prancis, berdomisili di Jepang, yang sebelumnya dikenal lewat hit “50//50”.

Pertama kali merilis single tersebut di tahun 2015, Vantage kemudian merilis ulang “50//50” melalui Parlophone Records di bulan Agustus 2020 lalu. Selain produser, tiga visual artists terlibat dalam penggarapan artwork, visualizers, dan video lirik “Sesaat Kau Hadir”Artwork dan 3D rendering digawangi oleh Okky Firmansyah. Video visualizer untuk remix ini diproduksi oleh seniman visual Henry “Batman” Foundation.

Sementara animasi untuk video lirik dikerjakan oleh Alweenos. Seluruh visual saling berpadu, berbasis pada tema utama artwork yang dibuat oleh Okky Firmansyah.

Okky Firmansyah, seniman 3D yang bertanggung jawab me-render beberapa objek yang hadir di visualizer (juga mendesain sampul rilisan ini), mengakui kalau dia memang mengangkat estetika ala ’80-an. “Proses kreatifnya; Mengombinasikan ciri khas gaya retro/vaporwave ala ’80-an dengan gaya surealis yang diolah melalui software grafik 3D,” jelas Okky. Dia menginterpretasi singkat dari lirik lagu ini dengan menggambarkan seorang insan yang mencoba memilih jalannya yang baru di ruang harapan.Rilisan Sesaat Kau Hadir Remixes ini merupakan bagian pertama dari kampanye besar WMI yang diberi nama Lagu Mesin Waktu. Inisiatif ini memiliki misi untuk meremajakan dan merekontekstualisasi musik Indonesia dari masa lalu ke pendengar masa kini. Seperti harapannya pada Sesaat Kau Hadir Remixes, program ini diharapkan Managing Director Warner Music Indonesia, Toto Widjojo, dapat ‘menghidupkan kembali’ lagu-lagu seperti “Sesaat Kau Hadir” di telinga generasi milenial dan yang lebih muda lagi.Lagu Mesin Waktu adalah jalan bagi musik-musik dari dekade ’80 dan ’90-an untuk kembali mendapatkan tempat di tengah pendengar yang semakin muda, selalu berganti, dan haus akan referensi musik-musik terbaik Tanah Air.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular