Follow Us

5 Jurus Komunikasi Lancar untuk Pelaku Bisnis UMKM Biar Makin Dekat Sukses

Al Sobry - Rabu, 12 Agustus 2020 | 11:20
Pandemi COVID-19 membuat bisnis aneka perusahaan terganggu, termasuk UKM. Namun, berbagai UKM di Asia meyakini bahwa bisnis mereka akan selamat dari pandemi COVID-19, bahkan bertumbuh, apabila menempuh sejumlah langkah seperti mengadopsi teknologi digital, termasuk rapat daring.
metamorworks/iStock

Pandemi COVID-19 membuat bisnis aneka perusahaan terganggu, termasuk UKM. Namun, berbagai UKM di Asia meyakini bahwa bisnis mereka akan selamat dari pandemi COVID-19, bahkan bertumbuh, apabila menempuh sejumlah langkah seperti mengadopsi teknologi digital, termasuk rapat daring.

HAI-Online.com - Mau bangkitkan ekonomi di masa pandemi Covid-19? Udah saatnya nggak cuma diem di rumah aja, para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga harus meningkatkan skill bisnisnya.

Nah, selaib sudah harus mulai beradaptasi untuk men-digitalisasi bisnis yang dijalankan, sebaiknya perbaiki juga pemasaran online dan sekaligus adaptasi pembayaran elektronik, namun satu hal yang jangan dilupakan adalah memperbaiki cara berkomunikasi dengan pegawai agar lebih efektif lagi untuk meningkatkan produktivitas.

Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, Joey Lim, VP Lark Commercial Asia turut berpendapat bahwa dengan kebiasaan memanfaatkan platform komunikasi yang terintegrasi, maka pelaku UMKM pun akan mendapatkan manfaat dengan meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai.

Baca Juga: Instagram Punya Stiker 'Pesanan Makanan' di Stories, Bagus Banget Untuk Kamu yang Bisnis Kuliner

"Dengan masih diberlakukannya pembatasan bepergian, pelaku usaha - termasuk UMKM - diharuskan untuk bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dan cost," ungkap Joey Lim dalam siaran tertulisnya.

Joey menyebut bahwa Lark sebagai tool digital yang mampu mengintegrasikan berbagai fitur utama komunikasi dan kolaborasi tim memiliki 5 manfaat yang perlu diketahui oleh para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

1. Selalu terhubung dengan tim

Komunikasi yang dibangun secara terus menerus akan mempererat hubungan antar pegawai.

Dengan interaksi fisik yang dibatasi seperti saat ini, fitur messenger atau chat menjadi sangat penting.

Nah salah satu manfaat dari fitur messenger di Lark dapat memaksimalkan komunikasi antar anggota dalam grup.

Baca Juga: Nggak Cuma Bisa Kirim e-Mail, Lark Mail Punya Fitur Komunikasi yang Bikin Kerjaan Lancar

Satu grup di Lark bisa menampung sampai dengan 5.000 anggota - jadi apabila kamu sedang mempersiapkan ekspansi bisnis di kemudian hari, udah nggak perlu lagi bikin grup baru.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest