Follow Us

Berasa di Jaman Majapahit Nih, Viral Foto Kalkulus Matematika Pakai Aksara Jawa

Annisa Putri Salsabila - Rabu, 12 Agustus 2020 | 16:00
Soal kalkulus pake aksara jawa bikin netizen salfok
twitter.com

Soal kalkulus pake aksara jawa bikin netizen salfok

HAI-online.com- Sebuah soal kalkulus belakangan ini bikin heboh publik lantaran ditulis pake aksara Jawa. Warganet dibikin nyerah sama soal integral yang keseluruhan angkanya diganti dengan huruf Jawa.

Unggahan tentang soal kalkulus menggunakan aksawa Jawa ini dibagikan sama akun Twitter @collegemenfess pada Senin (10/8/2020).

Dalam soal itu terdapat beberapa soal kalkulus seperti menghitung limit, Integral, Persamaan Diferensial, Fungsi Spesial, hingga Teori Himpunan.

Perbedaannya adalah nggak ada satupun angka yang ditulis pake aksara latin seperti yang selama ini diajarkan di sekolah-sekolah.

Baca Juga: Sekolah di Bekasi Akhirnya Belajar Mengajar Secara Tatap Muka, Dengan Syarat Berikut

Angka dan aksara latin itu diganti dengan aksara Jawa kecuali simbol dan lambang matematika seperti tambah (+), kurang (-), pangkat, hingga akar.

Kontan, soal kalkulus itu bikin warganet nyerah ngerjain soalnya.

"Mau nangis kalau kalkulus kayak begini angka aksara Jawa," tulis @collegemenfess.

"Kalkulus susah dikerjain, angka aksara Jawa susah dibaca. Dapat soal kalkulus pakai aksara Jawa, kelar hidup lu," tulis warganet.

"Ku jawab mboten ngertos (tidak tahu) semua kali ya itu ntar. Atau enggak ∞, alias Aksara Jawa dihabungin sama rumus itu semua yang bikin kebodohanku tak terhingga," komentar warganet lain.

"Matematika zaman Majapahit ternyata lebih sadis," imbuh warganet berkomentar.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest