Follow Us

Batik Disebut Kerajinan Tradisional China, Netizen Tanah Air Ngamuk

Bayu Galih Permana - Minggu, 12 Juli 2020 | 18:00
Batik diklaim sebagai kerajinan tradisional China.
Twitter/XHNews

Batik diklaim sebagai kerajinan tradisional China.

HAI-Online.com - Baru-baru ini, pengguna media sosial tanah air tengah ramai membicarakan salah satu media Tiongkok, China Xinhua News terkait batik di Twitter resmi mereka.

Dalam postingan yang dibagikan pada Minggu (12/7) siang, China Xinhua News menyebut bahwa batik adalah kerajinan tangan yang umum di kalangan kelompok etnis di Tiongkok.

"Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di Cina. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin," tulis China Xinhua News.

Sontak postingan itu pun langsung menarik perhatian dari netizen tanah air, di mana mereka merasa nggak terima dengan poin dalam video yang menyebut batik sebagai kerajinan tradisional dari China.

Baca Juga: 'Lathi' Bawa Weird Genius Terpampang di Billboard Times Square New York

Salah satu akun Twitter asal Indonesia, @KikiNmaKecilku terlihat mengingatkan agat China untuk nggak mengklaim sesuatu yang bukan berasal dari negaranya.

Nggak cuma @KikiNmaKecilku aja yang mengingatkan, sejumlah pengguna Twitter tanah air lain pun juga turut memberikan pendapat serupa.

"Batik berasal dari bahasa Jawa 'Ambatik' yang memiliki arti menandai dengan bintik-bintik atau titik-titik. Jadilah negara dengan kebanggaan sendiri, bukan menyalin dan mengklaim sesuatu dari negara lain," - @KikiNmaKecilku.

Baca Juga: Terjual Rp 1,63 Miliar, Game Lawas Ini Jadi Video Game Termahal di Dunia

"China ahlinya meniru," - @moamerasumitro.

"China harus benar-benar berhenti mengklaim hal-hal yang bukan milik kalian," - @jenckol.

Hmm, kalau komentar kalian sendiri gimana nih sob? (*)

Source : Twitter

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest