Follow Us

Punya 700 Penghargaan, Pelajar Berprestasi Ini Tak Lolos PPDB Jakarta: Rasanya Sedih tapi Senang Juga...

Al Sobry - Kamis, 09 Juli 2020 | 10:06
Punya 700 Penghargaan, Pelajar Berprestasi Ini Tak Lolos PPDB Jakarta: Rasanya Sedih tapi Senang Juga...
Kompas.com

Punya 700 Penghargaan, Pelajar Berprestasi Ini Tak Lolos PPDB Jakarta: Rasanya Sedih tapi Senang Juga...

HAI-Online.com - Usaha masuk sekolah negeri lewat sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) rupanya tak berhasil dilakukan pelajar berusia 15 tahun, Aristawidya Maheswari.

Cewek berkacamata ini akhirnya memilih putus sekolah, setelah dirinya dinyatakan tidak memenuhi syarat PPDB Jakarta 2020.

"Agak sedih juga tapi karena memang tidak masuk karena nilai. Nilai aku tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah juga. Udah coba ke delapan sekolah, tapi tidak dapat juga," kata Arista, saat dijumpai di kediamannya, Rusun Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (8/7/2020), seperti dikutip Antara.

Baca Juga: Inspiratif! Tiap Beres Kerja, Perawat Ini Hibur Para Pasien Covid-19 Dengan Cara Brilian

Arista sempat mencoba jalur terakhir berupa 'bangku sisa' yang dialokasikan dari peserta PPDB yang tidak mendaftar ulang serta siswa tidak naik kelas. Jalur ini juga tidak lagi mempertimbangkan usia pelamar.

Namun, Rabu (8/7) pukul 15.00 WIB kemarin adalah batas waktu penerimaan sekolah negeri melalui jalur ini, ia pun tak lolos juga.

Padahal cewek berhijab ini merupakan pelajar berprestasi peraih 700 lebih penghargaan seni lukis tingkat daerah dan nasional. Sayangnya, seperti yang ia bilang nilainya kalah bersaing dalam perolehan pembobotan nilai peserta lainnya.

Alumni SMPN 92 Jakarta itu hanya mengumpulkan total nilai 7.762,4 berdasarkan akumulasi nilai rata-rata rapor 81,71 dikalikan nilai akreditasi 9,5 poin.

"Pada jalur terakhir ini aku mencoba di SMAN 12, 21, 36, 61, 53, 59, 45 dan 102. Tapi rata-rata yang diterima nilainya 8.000-an," katanya.

Baca Juga: Sering Skip Sarapan Malah Bikin Gemuk, Ahli Nutrisi Jelaskan Maksudnya

Arista memutuskan untuk putus sekolah pada tahun ini. Kondisi itu akan dimanfaatkan untuk fokus mengajar lukis di sejumlah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta Timur.

"Rasanya sedih juga, tapi senangnya, aku bisa meluangkan waktu untuk melukis, mengajar dan lebih banyak waktu berbagi di RPTRA," katanya.

Editor : Al Sobry

Latest