Follow Us

Perhatikan Biar Nggak Sesak Nafas, Ini Masker yang Tepat untuk Olahraga

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 09 Juni 2020 | 19:35
Ilustrasi olahraga pake masker di tengah new normal saat ini
iStockphoto

Ilustrasi olahraga pake masker di tengah new normal saat ini

Hai-Online.com - Pake masker saat ini udah jadi hal yang wajib apabila sedang keluar rumah atau berhadapan dengan seserong lainnya. Tujuannya untuk melindungi diri dari paparan virus corona (covid-19) dan juga melindungi lainnya jika diri sedang sakit.

Namun, penggunaan masker di saat olahraga tudak boleh sembarangan. Pasalnya, salah meilih jenis masker telah sempat menimbulkan korban jiwa lantaran pernapasan terganggu akibat sulit mendapatkan oksigen.dr. Michael Triangto, SpKO - Spesialis Kedokteran Olahraga sekaligus Direktur Slim&Health Sports Center Jakarta menyebutkan saat berolahraga pilih masker bedah atau kain aja.

Masker N95 yang berarti kerapatannya sampai 95 persen jangan digunain untuk olahraga karena oksigen yang masuk ke masker cuman sedikit jadi bahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Keluhkan Sakit Perut Tak Berkesudahan, Dokter Temukan Ikan di Anus Pasiennya

"Masker bedah rendah mampu untuk menyaring udaranya jadi nggak terlalu menyesakkan sedangkan masker kain lebih nyaman lagi saat dipakainya, sehingga berolahraga di luar ruang dianjurkan menggunakan masker bedah atau masker kain," kata dr. Michael melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, Senin (8/6/2020).

Pas lagi olahraga pake masker, lalu muncul perasaan nggak nyaman bahkan bikin sesak, sebaiknya langsung dihentikan dulu olahraganya untuk keselamatan jiwa.

Pastikan juga sebelum memulai olahraga tubuh dalam keadaan sehat.

"Saat muncul rasa tidak nyaman atau merasa tidak sehat maka latihan itu dapat langsung dihentikan sehingga tidak perlu terjadi sesuatu yang mengganggu keselamatan jiwa seseorang," ungkap dr. Michael.

Baca Juga: Minum 2 Gelas Boba Tiap Hari, Remaja Ini Alami Hal Mengerikan Pada Tubuhnya

Untuk olahraga yang pake masker disarankan olahraga yang tingkatannya rendah sampe sedang aja, misalnya joging keliling komplek.

Kalau pengen olahraga yang berat dr. Michael menyarankan melakukannya di rumah aja, sehingga nggak perlu pake masker yang bikin sesak.

"Olahraga yang sehat cukup dengan intensitas ringan dengan sedang sehingga penggunaan masker tidak akan mempersulit sistem pernafasan dan tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan terlebih lagi sehingga menyebabkan kematian," pungkas dr. Michael. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest