Follow Us

Seperti Ini Penampakan Foto Pertama dalam Sejarah yang Dihasilkan Kamera, 'Motretnya' Sampai 8 Jam!

Alvin Bahar - Jumat, 05 Juni 2020 | 09:00
View from the Window at Le Gras
Wikipedia

View from the Window at Le Gras

HAI-ONLINE.COM - Pada era foto instan dengan smartphone seperti sekarang, pasti nggak pernah terpikir bahwa foto pertama di dunia itu susaaaah banget untuk dibikin sampai-sampai memakan proses selama delapan jam.

Foto pertama di dunia diambil oleh Nicephore Niepce, salah satu pelopor fotografi, di Perancis, antara tahun 1826 hingga 1827 atau sekitar 190 tahun yang lalu.

Foto berjudul "Pemandangan dari Jendela di Le Gras" ini pernah hampir lenyap ditelan bumi setelah menghilang pada tahun 1905, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider.

Selang hampir lima dekade kemudian, pada 1952, sejarawan foto, Helmut Gernsheim, menemukannya teronggok dalam sebuah kotak tak bertanda, dalam gudang rumah seorang keturunan dari pemilik sebelumnya.

Sesuai judulnya, foto itu memperlihatkan bagian bangunan dan lingkungan sekeliling yang tampak dari rumah milik Niepce, Le Gras.

Baca Juga: Remaja Kulit Hitam Ini Beberkan Aturan Tak Tertulis dari Sang Ibu, Biar Hidup Tenang di AS

Ilustrasi camera obscura dari abad ke-18. Sebelum dipakai untuk fotografi, camera obscura biasanya digunakan seniman untuk menggambar dengan panduan proyeksi cahaya dari obyek di depannya.
Cara motretnya ternyata nggak sesimpel yang dibayangkan.

Bukan cuma jepret sih intinya.

Niepce memakai pelat timah yang dilapis Bitumen of Judea (sejenis aspal yang timbul secara alami di alam).

Pelat ini lantas ditaruh di dalam camera obscura, alat sederhana berupa kotak tertutup yang diberi lubang kecil di satu sisinya.

Cahaya yang masuk dari lubang itu terproyeksi (secara terbalik) pada pelat timah.

Setelah menunggu selama delapan jam, bagian bitumen yang terkena cahaya mengeras, sementara sisanya tetap lunak dan bisa diluruhkan dengan memakai cairan lavender.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest