Follow Us

12 April Bersejarah, Yuri Gagarin Jadi Manusia Pertama di Luar Angkasa, Berangkat Baik, Pulang Menukik

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 12 April 2020 | 17:05
Yuri Gagarin jadi manusia pertama diluar angkasa
twitter.com

Yuri Gagarin jadi manusia pertama diluar angkasa

Hai-Online.com - Hari ini, 59 tahun yang lalu, astronaut Soviet Yuri Alekseyevich Gagarin menjadi manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 12 April 1961.

Selama penerbangan, pilot uji berusia 27 tahun dan teknisi industri itu juga menjadi orang pertama yang mengorbit Bumi.

Berangkat dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Vostok 1, Gagarin mengorbit pada ketinggian maksimum 187 mil dan sepenuhnya dipandu oleh sistem kontrol otomatis.

Baca Juga: Melalui Gmaps, Google Buka Akses Layanan Kesehatan Secara Online - Masih Gratis

Dilansir dari History, satu-satunya pernyataan yang dikaitkan dengan Gagarin selama satu jam 48 menit di ruang angkasa berlangsung tanpa kendala.

"Penerbangan berjalan normal, saya baik-baik saja." Kendati demikian, proses pendaratan Gagarin tak berjalan dengan lancar.

Kabel yang menghubungkan modul Vostok dan modul layanan gagal berpisah dengan baik, sehingga menyebabkan guncangan besar ketika memasuki atmosfer Bumi.

Gagarin terlempar sebelum mendarat dan terjung payung dengan selamat di dekat Sungai Volga.

Diberikan gelar pahlawan

Dari kiri ke kanan Yuri Gagarin, Pavel Popovich, Valentina Tereshkova, dan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev di Mausoleum Lenin pada 1963
(RIA Novosti archive/Wikipedia)

Dari kiri ke kanan Yuri Gagarin, Pavel Popovich, Valentina Tereshkova, dan pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev di Mausoleum Lenin pada 1963

Setelah prestasi bersejarahnya diumumkan, Gagarin menjadi populer di dunia.

Ia dianugerahi Ordo Lenin dan diberi gelar pahlawan Uni Soviet. Monumen-monumen juga dibuat dan jalan-jalan diganti namanya untuk menghormati Gagarin.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest