Follow Us

Pemerintah Rekomendasikan Jenis Masker 3 Lapis untuk Digunakan Saat Keluar Rumah

Bayu Galih Permana - Senin, 06 April 2020 | 13:02
Ilustrasi penggunaan masker untuk mencegah virus corona
The Straitstimes

Ilustrasi penggunaan masker untuk mencegah virus corona

HAI-Online.com - Seiring dengan bertambahnya jumlah kasus virus corona yang terjadi di tanah air, mulai Minggu (5/4) kemarin pemerintah mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, anjuran penggunaan masker bagi seluruh masyarakat Indonesia ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto.

Yuri menjelaskan, langkah tersebut diambil sejalan dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Mulai hari ini sesuai dengan rekomendasi dari WHO kita jalankan masker untuk semua. Semua harus menggunakan masker," tegas Yuri.

Baca Juga: Lagi Karantina Corona, Cowok Ini Lamar Pacar Pakai Game Animal Crossing

Untuk jenisnya sendiri, masyarakat umum dapat memakai masker berbahan dasar kain, sedangkan tenaga kesehatan wajib menggunakan masker bedah atau masker N95.

Penggunaan masker kain sendiri maksimal nggak lebih dari empat jam, di mana setelahnya harus dicuci menggunakan sabun dan air bersih sebelum kemudian dipakai kembali.

"Lindungi diri kita, semua menggunakan masker, terutama pada saat keluar rumah," tambahnya.

Baca Juga: Tutup Gerai Sementara, McDonald's Bocorkan Resep Sausage & Egg McMuffin, Cus Bikin Sendiri di Rumah Aja

Sementara itu, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ada 3 jenis masker yang bisa dipakai untuk mencegah penularan virus corona, salah satunya berbahan dasar kain.

Wiku menerangkan, masker berbahan dasar kain ini dapat digunakan masyarakat umum yang sehat untuk menangkal penularan Covid-19.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest