Follow Us

Taruh Amoxicillin di Tandon Air Dianggap Ampuh Tangkal Virus Corona, Ahli: Hoaks!

Bayu Galih Permana - Rabu, 01 April 2020 | 13:15
Kabar yang menyebut bahwa menaruh amoxicillin di tandon air rumah ampuh untuk menangkal virus corona.
TWITTER/HELMIHELMI

Kabar yang menyebut bahwa menaruh amoxicillin di tandon air rumah ampuh untuk menangkal virus corona.

HAI-Online.com - Beberapa waktu belakangan, muncul informasi yang menyebut bahwa menaruh dua butir obat amoxicillin ke dalam tandon air rumah ampuh menangkal virus corona.

Bahkan, kabar yang beredar tersebut mengatakan, cara itu saat ini telah diterapkan di rumah kepresidenan maupun dinas-dinas lain.

"Taruh 2 biji obat amoxicillin kedalam tandon air dirumah, jangan dilogika karena ini yang juga disampaikan kepada pak luhut binsar panjaitan dan sudah dilaksanakan dirumah kepresidenan dan dinas2 lain," bunyi pesan tersebut.

Mengomentari kabar tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Ari Fahrial Syam dengan tegas meminta masyarakat untuk nggak percaya karena informasi itu menyesatkan alias hoaks.

Baca Juga: Bruce Dickinson, Vokalis Iron Maiden yang Ternyata Juga Pilot Profesional. Pernah Terbangin Skuat Liverpool Buat Tanding Liga Champions.

Ari menjelaskan, amoxicillin bukanlah obat yang dipakai untuk menyembuhkan ataupun membunuh virus, jadi informasi tersebut sepenuhnya nggak benar.

"Itu hoaks. Masyarakat jangan percaya," terang Ari ketika dihubungi pada Kamis (1/4) ini, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Lebih lanjut, dr Ari sangat menyayangkan adanya informasi yang menyesatkan sehingga bisa menambah kepanikan dari masyarakat.

"Amoxicillin sebenarnya udah resisten dan tidak banyak lagi digunakan," jelasnya sambil meminta pihak berwajib untuk segera mengusut kasus ini.

Baca Juga: Lumayan Nih, Masa Gratis Aplikasi 'Final Cut Pro X' Jadi 3 Bulan!

Ketika disinggung mengenai obat dari virus corona, dr Ari mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada vaksin yang bisa menyembuhkan virus yang pertama kali muncul di kota Wuhan, China tersebut.

"Obat atau vaksin virus corona kan belum ada. Walaupun sudah ada beberapa kali uji klinik namun hasilnya masih belum stabil," tutup Ari.

Maka dari itu sob, jangan mudah percaya dengan informasi yang terbukti kebenarannya ya apalagi ikut menyebarkan. Ingat, saring sebelum sharing, oke? (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "[HOAKS] Meletakkan 2 Butir Amoxicillin di Tandon Air Jadi Penangkal Corona".

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest