Follow Us

Takut Dunia Mau Kiamat Akibat Corona, Pria Ini Kembalikan Artefak Curiannya

Ricky Nugraha - Senin, 30 Maret 2020 | 12:45
Artefak batu balista
Israeli Antiquities Authority

Artefak batu balista

HAI-online.com - Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi ini telah menggugah hati seorang pria yang telah mencuri artefak berusia 2.000 tahun untuk mengembalikannya ke taman nasional di Yerusalem.

Ia memutuskan untuk mengembalikan itu karena merasa 'akhir dunia sudah dekat' akibat pandemi ini.

Atas dasar itu, pria anonim ini mengembalikan artefak berupa batu balista dari zaman Romawi kuno itu ke Taman Nasional Tembok Yerusalem di Kota Daud.

Ia mencuri batu berusia 2.000 tahun itu 15 tahun lalu, dan kini ia merasa waktunya telah tiba untuk membersihkan hati nurani karena merasa kiamat sudah dekat.

Baca Juga: Antar Paket Sambil Hibur yang Lagi Karantina, Petugas Pos Ini Pakai Kostum Unik Tiap Hari

Ilustrasi balista
City of David Archives/Shalom Kveller

Ilustrasi balista

Moshe Manies yang menengahi pengembalian artefak ini antara pria tersebut dan Otoritas Barang Purba Israel (IAA) menjelaskan lewat Facebook tentang bagaimana pencurian ini terjadi.

Kejadian itu terjadi 15 tahun lalu dan dilakukan oleh dua anak muda "rebel" yang saat itu sedang melakukan tur di situs Kota Daud. Mereka lalu melihat batu balista yang dipajang lalu mengambilnya diam-diam.

"Salah satu anak muda itu membawa pulang satu batu. Kemudian, dia menikah dan punya keluarga, dan mengatakan kepadaku bahwa selama 15 tahun terakhir batu itu sangat membebani hatinya," tulis Moshe.

"Dan sekarang, dia merasa adalah waktu yang tepat untuk membersihkan hati nuraninya, dan dia memintaku untuk membantunya mengembalikannya ke Otoritas Barang Purba Israel," tambahnya.

Baca Juga: Bosen Nggak Ada Kerjaan, Komentator Olahraga Ini Komentari Anjing-anjingnya yang Lagi 'Lomba' Makan

Keputusan pria itu untuk mengembalikan artefak itu memang tepat sih. Namun, perbuatan mencurinya itu tentu sama sekali nggak dibenerkan, baik itu artefak kuno maupun benda-benda lain yang bukan milik sendiri.

Artefak batu balista
Israeli Antiquities Authority

Artefak batu balista

Source : LAD BIBLE

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest