Follow Us

Menurut Ahli, Satu Orang Social Distancing Bisa Cegah 59.000 Infeksi Covid-19

Ricky Nugraha - Selasa, 24 Maret 2020 | 09:15
Ilustrasi social distancing
Pixabay/geralt

Ilustrasi social distancing

HAI-online.com - Jutaan orang di seluruh dunia diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan memberlakukan social distancing sebagai upaya mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Meski begitu, belakangan ini banyak berita yang mengabarkan masih ada orang-orang yang nggak mengikuti imbauan ini dengan berbagai alasan.

Buat mereka yang masih menyepelekan imbauan ini, seorang profesor dan spesialis perawatan intensif telah memberikan penjelasan tentang pentingnya untuk melakukan social distancing dan tetap berada di dalam rumah.

Profesor Hugh Montgomery mulai dengan merangkum apa yang akan terjadi jika semisal dia terserang flu. Maka rata-rata, is akan meneruskannya ke 1,3 atau 1,4 orang lainnya.

Baca Juga: Amerika Temukan Vaksin Virus Corona, Masih Butuh Ujicoba dan Penelitian Lebih Lanjut

Jika kemudian mereka menularkannya ke 1,4 orang itu lalu terjadi 10 kali, maka ia bertanggung jawab atas 14 kasus flu.

Namun, seperti yang diketahui, COVID-19 nggak seperti flu dan "sangat, sangat menular".

Dia menjelaskan, setiap orang yang terkena COVID-19 rata-rata akan menularkannya kepada tiga orang.

"Perbedaan itu kedengarannya tak terlalu jauh, tapi jika ketiga orang itu menularkan ke tiga orang lain, dan terus berlanjut 10 kali, aku akan bertanggung jawab telah menginfeksi 59.000 orang," katanya.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus Terkecil di Dunia dalam Batu Ambar

Oleh karena itu, satu orang yang mempraktikkan social distancing bisa mencegah 59.000 infeksi COVID-19, itu dilakukan dengan tetap berada di dalam rumah sesering mungkin dan menghindari kontak sosial secara langsung.

Simak langsung deh penjelasan dari Proffesor Hugh Montgomery di bawah ini.

“If you are irresponsible enough to think that you don’t mind if you get the flu, remember it’s not about you - it’s about everybody else.”Intensive care specialist Professor Hugh Montgomery explains why this coronavirus is different from the ordinary flu. pic.twitter.com/h9sQorHQUv

— Channel 4 Dispatches (@C4Dispatches) March 22, 2020

Source : Unilad

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest