Follow Us

Susah Fokus Pas Ngerjain Tugas? Ini 8 Cara Ampuh Tingkatkan Konsentrasi

Dio Firdaus - Rabu, 11 Maret 2020 | 18:45
Pelajar sedang mengerjakan tugas matematika
iStockphoto

Pelajar sedang mengerjakan tugas matematika

HAI-ONLINE.COM - Tugas yang numpuk dan dikejar deadline memang dua hal yang sering kali menghadirkan rasa gelisah dan susah untuk fokus.

Kalau hal itu sering terjadi sama kamu, itu artinya kamu kurang konsentrasi, sob.

Kurangnya konsentrasi bisa disebabkan oleh berbagai alasan, yang paling utama adalah umur dan siklus tidur.

Baca Juga: Selamatkan Anak Anjing di Selokan, Pria Ini Ambruk dan Alami Cedera Kaki Parah

Tapi tenang, konsentrasi itu bisa ditingkatkan kok. Caranya juga mudah banget, nggak pake ribet deh pokoknya.

Daripada tugas nggak kelar-kelar juga, mending simak dulu nih cara jitunya meningkatkan konstrasi:

1. Melatih otak

Permainan melatih otak seperti sudoku atau teka teki silang bisa membantu membangun ingatan jangka pendek, kemampuan menyelesaikan masalah, dan skill memproses.

Latihan lewat permainan itu bisa dilakukan selama 15 menit dan sudah cukup untuk menjaga konsentrasi dalam durasi yang lama.

Ketika merasa otakmu lelah, meluangkan waktu sejenak untuk senam otak dengan permainan tersebut bisa menjadi opsi.

Selain sudoku dan teka teki silang, kamu juga bisa bermain permainan kata atau angka dan puzzle.

2. Memberi "bahan bakar" otak

Makan yang baik juga bisa memengaruhi kesehatan otak. Melewatkan sarapan bukanlah ide bagus jika kamu ingin produktif saat mengerjakan tugas.

Namun, usahakan mengonsumsi makanan seimbang di waktu sarapan untuk mencegah adrenalin dan membuatmu stres.

Jangan lupa menyediakan sebotol air di meja karena dehidrasi juga bisa berdampak pada konsentrasi.

Baca Juga: Lagi, Visinema Menghadirkan Film Dari Sudut Pandang Sebuah Keluarga

3. Istirahat

Beristirahatlah jika kamu merasa sudah mengerjakan tugas dalam durasi yang terlalu lama. Jeda sejenak bisa meningkatkan konsentrasi dan membantumu mampu menyelesaikan tugas kembali.

Kamu bisa menggunakan waktu jeda tersebut dengan jalan kaki dan menghabiskan waktu di alam terbuka untuk menjernihkan pikiran. Disarankan pula untuk menjauhi gawai sejenak karena berpotensi menambah stres.

Ilustrasi jalan kaki
iStockphoto

Ilustrasi jalan kaki

4. Terorganisir

Sebelum mulai bekerja, luangkanlah waktu untuk merencanakan harimu setidaknya selama 15 menit. Tulislah hal-hal yang perlu diselesaikan dan merencanakan waktunya akan membantu performamu lebih baik.

Selain itu, merencanakan hari juga bisa membantumu memprioritaskan pekerjaan sesuai waktu dan kemampuanmu hari itu.

Letakkan pekerjaan yang paling berat di saat-saat konsentrasimu sedang memuncak.

5. Sesuaikan dengan ritme

Merencanakan kapan kamu akan mengerjakan tugas sesuai dengan ritme sirkadian tubuh akan membantumu memanfaatkan kemampuan otak dengan lebih baik.

Kita berada di puncak kewaspadaan kita di pagi hari dan terus berkurang sepanjang hari. Waktu reaksi adalah terbaik adalah di sore hari.

Karena itu, merencanakan waktu mengerjakan tugas dan memprioritaskan pekerjaan sesuai dengan ritme tubuh membantu kita memaksimalkan hari.

Baca Juga: Yang Sering Kita Sentuh Ternyata Punya Banyak Kuman, Ini 8 Tempat Berbahaya

6. Satu tugas dalam satu waktu

Otak hanya mampu memberikan sebagian perhatiannya pada banyak tugas yang kamu lakukan pada saat bersamaan.

Pada akhirnya, kamu akan membuat lebih banyak kesalahan dan menyelesaikan lebih sedikit pekerjaan.

Oleh karena itu, cobalah berkonsentrasi pada satu tugas pada satu waktu dan istirahat sejenak sebelum mengerjakan tugas berikutnya untuk hasil terbaik.

7. Mengurangi distraksi

Untuk generasi saat ini, ponsel adalah distraksi terbesar. Orang-orang akan cenderung mengecek media sosial atau pesan singkat setiap beberapa menit sekali.

Lebih baik jika kamu menjauhkan distraksi tersebut. Letakan ponselmu di tempat yang agak jauh saat memulai mengerjakan tugas penting.

8. Meditasi

Tujuan meditasi adalah memberimu jeda dari kehidupan modern. Meditasi bisa mengurangi stres, meningkatkan kebugaran dan juga meningkatkan konsentrasi.

Yoga dan pernafasan dalam adalah beberapa cara yang bisa dipilih untuk membantumu bermeditasi.

Pada akhirnya, pilihlah metode yang paling cocok dengan dirimu. Meningkatkan konsentrasi memerlukan sebuah usaha. Kuncinya adalah tetap menerapkan pola hidup sehat.

Jangan biarkan dirimu tenggelam dalam gaya hidup sibuk. Produktif di tempat kerja juga sangat berkaitan dengan kesehatan mental. Sehingga pada akhirnya, meningkatkan konsentrasi memiliki efek berlapis terhadap kesehatan dan kehidupan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Cara Ampuh Tingkatkan Konsentrasi di Tempat Kerja",

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest