Follow Us

Ahli Kesehatan Sebut Penggunaan Disinfektan Berlebih untuk Atasi Virus Corona Bisa Berdampak Buruk bagi Tubuh

Bayu Galih Permana - Selasa, 03 Maret 2020 | 14:49
Ilustrasi disinfektan
PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES

Ilustrasi disinfektan

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, salah satu cara yang paling ampuh untuk mencegah tubuh terinfeksi virus corona adalah dengan menjaga diri maupun lingkungan sekitar tetap bersih.

Untuk menjaga tubuh tetap bersih, orang-orang disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun ataupun cairan antiseptik setelah melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sementara itu, penggunaan disinfektan juga dilakukan oleh sejumlah pihak supaya menjaga tiap sudut ruangan tetap bersih dan terhindar dari kuman penyakit.

Sayangnya, orang-orang selama ini sering berlebihan ketika menyemprotkan disinfektan karena menurut mereka, jumlah yang banyak dapat lebih efektif untuk membunuh kuman.

Baca Juga: Daftar 18 Produk Kebersihan yang Dianggap Ampuh Atasi Virus Corona Menurut Badan Lingkungan Hidup Singapura

Padahal, penggunaan disinfektan secara berlebihan sendiri diketahui dapat berdampak buruk dan menimbulkan masalah kesehatan lain.

Seperti dilansir HAI dari World of Buzz, pernyataan mengenai disinfektan yang memicu penyakit jika digunakan secara berlebihan ini disampaikan oleh Deputi Pusat Pengendalian Penyakit Beijing, Liu Xiaofeng.

Dilansir dari China Daily, Liu mengatakan bahwa tempat-tempat seperti ban kendaraan, langit-langit koridor, sepatu, hingga paket pengiriman nggak perlu disemprot disinfektan.

Apabila dilakukan, tindakan tersebut malah bisa membahayakan tubuh dan menimbulkan beragam masalah kesehatan seperti iritasi kulit, pernapasan, hingga ketidakseimbangan hormon.

Baca Juga: Bersihkan Ponsel Secara Benar Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Disinfeksi hanya diperlukan ketika adanya kemungkinan mikroorganisme patogen tinggi pada daerah atau permukaan tempat penyakit menular menyebar.

Liu menjelaskan bahwa di rumah, orang-orang cukup dengan menjaga kebersihan seperti mencuci tangan secara benar sebelum dan sesudah melakukan kontak langsung dengan makanan ataupun memakai toilet. (*)

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest