Follow Us

Bersihkan Ponsel Secara Benar Bisa Cegah Penularan Virus Corona, Begini Caranya

Ricky Nugraha - Selasa, 03 Maret 2020 | 12:29
Ilustrasi menggunakan ponsel
Pixabay

Ilustrasi menggunakan ponsel

HAI-online.com - Menjaga kebersihan adalah salah satu hal yang paling dianjurkan untuk menangkal penyebaran virus corona.

Selain rajin mencuci tangan, membersihkan ponsel juga dianjurkan oleh Direktur Pelayanan Medis Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak.

Menurutnya, cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona adalah dengan mencuci yangan sebelum menyentuh wajah, mencuci benda dengan sabun atau alkohol, serta membersihkan benda yang paling sering disentuh, salah satunya adalah ponsel.

Ponsel, benda yang paling sering kita sentuh, diklaim memiliki bakteri yang lebih banyak dibandingkan bakteri yang ada di toilet, sehingga perlu dibersihin dengan benar.

Baca Juga: Timbun Masker dan Hand Sanitizer selama Wabah Corona, Siap-siap Masuk Penjara atau Didenda Hingga Rp 50 Miliar

Berdasarkan hasil riset American Association for Laboratory Animal Science pada tahun 2018, cara membersihkan ponsel yang paling baik adalah dengan lauratan alkohol yang efektif untuk membunuh kuman.

Pertama, bisa campurkan alkohol dan air dengan perbandingan 40% banding 60%, lalu lap layar ponsel dengan kain mikrofiber, kapas kering atau kapas yang dibasahi.

Sedangkan untuk bagian bodi, bisa menggunakan tisu anti-bakteri, karena jika menyemprotkan larutan alkohol secara langsung bisa meninggalkan bekas.

Beberapa barang yang nggak boleh digunakan untuk membersihkan ponsel adalah pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus rias, sabun cuci piring, sabun tangan, dan cuka.

Baca Juga: Laboratorium Militer Amerika Serikat Kembangkan Vaksin untuk Atasi Virus Corona

Namun, saat nggak ada bahan pembersih yang tersedia, menyeka ponsel dengan kain mikrofiber juga dapat mengurangi terjadinya kontaminasi bakteri pada ponsel.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest