Follow Us

Perhatikan 3 Langkah Sederhana Jaga Imunitas Tubuh Supaya Cegah Virus Corona

Ricky Nugraha - Senin, 02 Maret 2020 | 17:27
Ilustrasi olahraga
iStockphoto

Ilustrasi olahraga

HAI-online.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo baru-baru ini mengabarkan bahwa ada dua WNI di tanah air yang positif terjangkit virus corona.

Hal ini tentu mengakibatkan banyak orang lebih fokus pada wabah penyakit ini, padahal ada banyak kasus flu lainnya yang juga nggak bisa diabaikan.

Spesialis penyakit menular, Sandra Kesh M.D. menyampaikan, ada sekitar 16.000 kematian terkait flu di musim ini.

Angka itu dibeberkan bukan untuk menebar ketakutan, melainkan untuk mengingatkan kita bahwa menjaga sistem kekebalan tubuh adalah hal yang sangat penting.

Kepada Mind Body Green, Kesh memberi tiga tips untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami:

Baca Juga: Dua Orang Indonesia Positif Terinfeksi, Waspadai 4 Cara Penularan Virus Corona

1. Mengurangi stres

Stres bisa memengaruhi segalanya, mulai dari kesehatan otak, berat badan, hingga kekebalan tubuh. Kesh menemukan, kasus di mana pasiennya merasa sudah melakukan semua hal dengan benar, tapi masih jatuh sakit. Hal itu, menurutnya, disebabkan oleh stres.

Kondisi itu disebabkan kadar kortisol yang tak dijaga dalam kisaran normal, baik pada anak usia dini atau sepanjang penuaan, yang secara fisik dapat mengganggu sifat penyembuhan tubuh.

Dijelaskan juga bahwa kondisi tersebut bisa menyebabkan sejumlah dampak kesehatan. Mulai dari memperlambat penyembuhan luka, mengurangi efek perlindungan vaksin, hingga meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi.

2. Menjaga pola hidup sehat

Tidur cukup dan makan dengan baik juga merupakan cara penting lainnya untuk menjaga kekebalan tubuh.

Source : Kompas.com, Mind Body Green

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest