Follow Us

Tetap Sehat Saat Banjir Melanda, Ini 6 Cara Menjaga Tubuh dari Penyakit

Dio Firdaus - Rabu, 26 Februari 2020 | 11:48
Banjir.
KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI

Banjir.

HAI-ONLINE.COM - Lagi-lagi hujan membanjiri kawasan Jakarta dan sekitarnya. Mulai dari yang hanya semata kaki, hingga setinggi dada orang dewasa, beberapa titik di Jabodetabek terendam.

Banjir nggak hanya menyebabkan gangguan dalam aktivitas dan kerusakan property, tapi juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Di musim hujan yang berpotensi menyebabkan banjir ini, ada baiknya kamu menjaga dirimu agar tubuh tetap sehat saat mengalami kebanjiran.

Baca Juga: Alami Dislokasi, Pesepak Bola Wanita Ini Pukul Lututnya Sampai Kembali Normal dan Lanjut Main!

Karena pastinya kamu sudah tau kalau air banjir itu bisa membawa banyak bakteri dan penyakit. Jika kita nggak waspada, kita pun bisa terjangkit penyakit yang terbawa air itu.

Untuk menjaga kesahatan, HAI menghimpun dari Kompas.com beberapa caranya nih sob. Langsung aja deh simak!

Hindari berjalan melewati genangan air

Berjalan melewati daerah yang kebanjiran dapat meningkatkan risiko terkena infeksi, seperti infeksi pada luka terbuka, dermatitis, konjungtivitis, serta infeksi telinga-hidung-tenggorokan akibat air yang kotor. Penyakit lain yang juga sering dijumpai adalah diare. J

ika terpaksa harus melalui genangan air, segeralah mencuci daerah yang terkena dengan air bersih dan sabun. Tetap menjaga kebersihan tubuh dapat menghindari diri kita mengalami berbagai infeksi akibat kebanjiran.

Menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun

Cucilah tangan dengan cara yang benar setelah terkena air yang terkontaminasi. Beberapa momen penting yang mengharuskan kita mencuci tangan adalah setelah melakukan kontak dengan air banjir, setelah buang air besar atau kecil, serta sebelum menyiapkan dan mengonsumsi makanan.

Baca Juga: Kamu Bisa Pantau Lokasi Banjir di Jabodetabek Dari Situs Ini

Halaman Selanjutnya

Menutup luka terbuka
1 2 3

Source : kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest