Follow Us

Menurut Studi, Orang yang Rajin Minum Kopi Punya Tulang yang Lebih Kuat

Ricky Nugraha - Selasa, 25 Februari 2020 | 13:36
Ilustrasi kopi
Pexels/Foodie Factor

Ilustrasi kopi

HAI-online.com - Sebagian orang mungkin akan merasa ada yang kurang kalau belum minum seenggaknya satu cangkir kopi setiap hari.

Kopi memang memiliki segudang manfaat, dari penambah energi, meningkatkan memori, mengurangi stres dan yang lainnya.

Kini dalam penelitian terbaru, terungkap satu manfaat lagi yang bisa didapat setelah mengonsumsi kopi secara rutin, yaitu memperkuat tulang.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti di University of Hong Kong dengan melibatkan 564 orang dewasa di Cina dalam studi osteoporosis.

Baca Juga: Ada 3 Manfaat Baik yang Akan Kamu Peroleh Kalo Mandi Pake Air Dingin

Dalam penelitian itu, para ilmuwan membandingkan kepadatan mineral tulang para peminum kopi yang rutin dengan mereka yang bukan.

Para peneliti terkejut menemukan bahwa peminum kopi secara reguler memiliki kepadatan mineral tulang yang secara signifikan lebih tinggi, di mana hal itu merupakan tanda dari tulang yang kuat.

Mereka juga menemukan bahwa ada tiga molekul (quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate, dan trigonelline) yang terkait dengan konsumsi kopi dan tulang kuat yang nggak gampang patah.

Meski begitu, ada yang beranggapan bahwa temuan ini belum cukup kuat karena penelitian dilakukan dalam skala yang relatif kecil dan berdasarkan laporan sendiri dari orang-orang tentang konsumsi kopi mereka.

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya Ini Gejalanya Sering Diabaikan Banyak Orang

Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa hasil ini cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa kopi memang baik untuk kesehatan tulang.

Chad Deal dari Cleveland Clinic mengatakan, “Bagi semua orang yang minum banyak kopi dan khawatir tentang dampak kopi bagi kesehatan, ini adalah berita baik. Tampaknya mengonsumsi kopi, secara umum, mungkin baik untuk kesehatan tulang."

Kopi mungkin memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, itu bukan berarti kita cuma konsumsi kopi aja tiap hari dan nggak ngapa-ngapain. Perlu diimbangi juga dengan pola makan dan olahraga yang teratur juga.

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest