Follow Us

Waspada! Klik "Link" di WhatsApp Web Bisa Curi Data Komputer

Dio Firdaus - Jumat, 07 Februari 2020 | 14:15
Inilah tips mencegah WhatsApp disadap melalui WhatsApp Web
Dilansir www.samaa.tv

Inilah tips mencegah WhatsApp disadap melalui WhatsApp Web

HAI-ONLINE.COM - Untuk kamu yang suka pake WhatsApp web di PC, HAI mau kasih tau sesuatu yang cukup berbahaya nih sob kalo sampe disepelekan.

Gal Weizman, dari perusahaan keamanan siber PerimeterX menemukan celah keamanan di WhatsApp web.

Gal mengungkapkan kalau pengguna berisiko terkena serangan melalui pesan teks yang di mana tampilan preview link dimodifikasi dan mengarahkan ke situs tujuan yang berbahaya.

Celah keamanan itu muncul lantaran aplikasi WhatsApp yang dijalankan pada versi dekstop menggunakan teknologi software buatan Electron, yang sebelumnya pernah memiliki masalah keamanan, sebagaimana HAI lansir KompasTekno.

Untuk yang belum tau, software Electron diciptakan agar pengembang bisa membuat apliaksi berbasis web dan web browser lintas platform.

Tapi sayangnya, aplikasi yang dikembangkan itu bisa terjamin keamanannya jika si pengembang menyertakan fitur-fitur bawaan dari Electron.

Baca Juga: Green Day, Fall Out Boy dan Weezer Bakal Tur Berbarengan, Dimana Aja?

Gal pertama kali menemukan celah WhatsApp web ini sebenarnya sudah dari dua tahu lalu saat ia menyadari bisa membedah metadata pesan, membuat banner preveiw palsu untuk web, dan membuat URL yang bsia menyembukakn program jahat.

Namun saat dirinya melanjutkan eksperimen itu, Gal menemukan kalau ia dapat menyematkan kode JavaScript ke dalam pesan yang dikirim lewat WhatsApp web.

Celah keamanan inilah yang dianggap Gal bisa manfaatkan oleh hacker untuk menyusupkan file JavaScript yang berisi malware dan mencuri data komputer kamu.

Duh, semoga aja bisa di Patch secepatnya deh sama pihak WhatsApp! (*)

Source : kompas

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular