Follow Us

Berkat Kebakaran Australia, Situs Budaya Kuno Berusia 6.000 Tahun Ini Terungkap

Dio Firdaus - Jumat, 24 Januari 2020 | 19:41
Budj Bim Site
Dlike

Budj Bim Site

HAI-ONLINE.COM- Kebakaran yang melahap sebagian bagian Australia memang sebauh bencana alam yang mengerikan karena menghanguskan puluhan sampai ratusan rumah pemukiman warga.

Nggak cuma manusia aja yang menderita karena bencana ini, hewan-hewan pun jadi kalang kabut mencari jalan keluar dari api yang melahap rumah mereka.

Meskipun bencana ini menimbulkan kerusakan dan kesedihan yang mendalam, tapi kebakaran ini ternyata mengungkap lebih jelas penginggalan budaya di wilayah Budj Bim Australia.

Budj Bim ini merupakan salah satu Situs Warisan Budaya Dunia.

Ternyata masih ada yang tersembunyi dalam sistem pengairan manusia yang sudah dibuat sejak ribuan tahun lalu itu, lho.

Situs Kuno Bentang Budaya Budj Bim

Di Australia, ada sebuah bentang budaya bernama Budj Bim, yang terletak di Australia bagian tenggara, tepatnya di Taman Nasional Budj Bim.

Bentang budaya Budj Bim terdiri dari beberapa bagian pengairan yang termasuk sistem pengairan tertua di dunia. Letaknya ada di bagian tengah Taman Nasional Budj Bim.

Sistem pengairan itu dibangun oleh etnis suku Aborigin, yaitu orang-orang Dhauwurd Wurrung atau Gunditjmara. Mereka membangun kanal, tambak, dan bendungan dengan system yang rumit untuk menangkap kooyang.

Kooyang adalah belut yang menjadi sumber makanan orang Gunditjmara.

Source : bobo

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular