Follow Us

Hewan Ini Disebut Sebagai Pahlawan Bagi Hewan-hewan Lain Saat Kebakaran di Australia

Ricky Nugraha - Sabtu, 18 Januari 2020 | 18:00
Wombat di antara tanaman sisa kebakaran di Australia
ABC Open/Jackie Dixon

Wombat di antara tanaman sisa kebakaran di Australia

HAI-online.com - Belakangan ini banyak cerita dan postingan di media sosial yang memuji-muji wombat sebagai "pahlawan dalam kebakaran hutan di Australia."

Ada beberapa klaim yang menyebutkan bahwa hewan marsupial asli Australia ini telah membantu menyelamatkan banyak nyawa hewan liar lainnya.

Cara yang dilakukannya adalah dengan membagi liang tempat tinggal mereka supaya hewan-hewan lain bisa masuk dan berlindung dari kobaran api.

Namun, cerita tersebut ternyata nggak sepenuhnya benar. Wombat lebih tepat disebut sebagai pahlawan yang nggak disengaja.

Baca Juga: Biasanya Panas dan Kering, Wilayah di Arab Saudi Ini Kini Diselimuti Salju

Ini karena mereka nggak secara heroik membawa hewan-hewan yang butuh bantuan saat kebakaran hutan itu dan membawanya ke tempat yang aman.

Menurut ABC News Australia, jaringan liang yang dibuat wombat itu besar dan rumit, serta sangat terlindung dari lingkungan yang ada di atas tanah.

Wombat bisa memiliki beberapa lubang di wilayah tempat tinggalnya. Pada sebuah studi di tahun 2012, satu wombat disebutkan bisa memiliki 14 liang.

Wombat biasanya menghabiskan beberapa malam tidur di satu liang, sebelum nantinya pindah ke liang yang lain.

Baca Juga: 2 Pulau di Indonesia Tenggelam dan 4 Lainnya Terancam Akibat Naiknya Permukaan Air Laut

Mereka bisa memiliki beberapa lubang kosong pada suatu waktu, dan bahkan beberapa di antaranya ditinggalkan. Sehingga spesies lain yang mencari perlindungan, mungkin nggak perlu berbagi lubang dengan wombat.

Source : ABC News, Mothership.sg

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest