Follow Us

Bener Nggak Sih Beras Bisa Keringin Smartphone yang Kecebur ke Air? Ini Jawabannya Dari Ahli

Bayu Galih Permana - Kamis, 09 Januari 2020 | 15:00
Merendam ponsel yang basah karena tercebur air dalam beras.
via CNET

Merendam ponsel yang basah karena tercebur air dalam beras.

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, masyarakat Indonesia selama ini memakai tumpukan beras kering untuk mengeringkan bagian dalam ponsel mereka yang tercebur masuk ke air.

Kebiasaan tersebut dilakukan orang-orang karena beras dianggap bisa menyerap air masuk pada mesin ponsel hanya dalam waktu semalam saja.

Menurut penjelasan Natalita Maulani Nursam, dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi (PPET) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kebiasaan mengeringkan ponsel yang basah karena tercebur ke dalam air memakai beras nggak sepenuhnya salah.

Natalita mengatakan, merendam ponsel di dalam beras kering memang bisa menjadi salah satu metode mengeringkan ponsel yang kadung jatuh ke air.

Baca Juga: Salut! Dua Remaja Ini Berkeliling Australia Demi Selamatkan Koala yang Jadi Korban Kebakaran Hutan

Hal ini nggak lepas dari kandungan gandum di dalamnya yang memiliki sifat mudah menyerap kelembaban atau lebih sering disebut dengan hygroscopic.

"Rice grain (kandungan gandum) bersifat hygroscopic atau mudah menyerap kelembaban, jadi bisa mengeringkan ponsel," jelas Natalita pada Rabu (8/1), seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Merendam ponsel yang basah karena tercebur air dalam beras.
via Path to Green

Merendam ponsel yang basah karena tercebur air dalam beras.

Sifat tersebut mirip dengan silica gel yang banyak ditemukan di dalam kotak kemasan beberapa produk komersil seperti sepatu atau barang-barang elektronik.

Wah, pantes ya sob jadi andalan! Kalau kalian sendiri gimana, pernah juga nggak ngeringin ponsel yang basah karena masuk dalam air pakai beras kering? (*)

Source : Kompas Tekno

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest